Jumat, 15 November 2013

Home » METRO TV NEWS: LIPI Tertantang Tekan Kebijakan Impor Daging

,
METRO TV NEWS
Metrotvnews Indonesia News Video Portal // via fulltextrssfeed.com 
Subscribe to Bloomberg Businessweek

Get Bloomberg Businessweek for 84% off what others pay on the newsstand - that's like getting 38 complimentary issues! Sign up today.
From our sponsors
LIPI Tertantang Tekan Kebijakan Impor Daging
Nov 15th 2013, 13:12

Metrotvnews.com, Jakarta: LIPI memandang upaya menekan kebijakan impor daging sebagai tantangan yang tidak mudah dipecahkan.

Kepala LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) Lukman Hakim mengatakan menekan kebijakan impor daging saat ini merupakan tantangan yang tidak mudah dipecahkan. Saat ini menurut Lukman impor daging, sapi dan susu sangat besar untuk kebutuhan daging dan susu nasional.

"Bila tidak diambil langkah pembenahan terutama di sektor hulu peternakan sapi saya melihat akan ada kecenderungan volume impor terus meningkat yang secara otomatis akan menguras devisa yang sangat besar," tukas Lukman saat menerima kunjungan Menristek) Gusti Muhammad Hatta, Jumat (15/11).

Lukman memaparkan perhitungan apabila laju pertumbuhan penduduk setelah tahun 2025 rata-rata 1 persen per tahun maka pada tahun 2030 penduduk Indonesia akan lebih dari 286 juta jiwa. Hal ini berarti apabila mengikuti konsumsi daging masyarakat dunia tahun 2030 sebesar 43 kg per kapita per tahun, maka Indonesia harus menyiapkan daging sebesar 12,3 juta ton sementara saat ini produksi daging sapi dalam negeri hanya 350.000 ton pertahun.

Sementara lanjut Lukman, keadaan di lapangan justru menunjukkan semakin banyak usaha peternakan sapi dari bagian hulu penyedia daging dan susu mengalami penurunan kualitas.

"Impor yang sebelumnya dimaksudkan hanya sekadar mendukung dan menyambung kebutuhan daging dan susu domestik, ternyata justru telah berpotensi mengganggu usaha agribisnis sapi potong dan sapi perah lokal," ungkapnya.

Kondisi penurunan kualitas tersebut lanjut Lukman disebabkan banyak peternak yang akhirnya melego sapi-sapi terbaiknya untuk bersaing dengan sapi impor dan menyisakan sapi yang kurang berkualitas untuk dikembangbiakkan.

Untuk memperbaiki sektor hulu ini LIPI telah melakukan kegiatan penelitian peternakan dalam dua dekade (1992-2012) melalui pemberdayaan masyarakat di 21 provinsi, 77 kabupaten/kota dan 144 kelompok ternak binaan. (Soraya Bunga Larasati)


Editor: Agus Tri Wibowo

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions