Minggu, 17 November 2013

Home » Berita Ekonomi dan Bisnis - SINDOnews: BI Rate dinaikkan karena ekonomi dunia belum stabil

,
Berita Ekonomi dan Bisnis - SINDOnews
Portal Berita yang menyajikan informasi tentang perkembangan pasar modal, makro, sektor riil, indeks saham, ekonomi dunia,tokoh yang terkini dan terpercaya // via fulltextrssfeed.com 
7 Best Bike Rides

Commute to the country: the best bike rides to leave the city behind.
From our sponsors
BI Rate dinaikkan karena ekonomi dunia belum stabil
Nov 17th 2013, 07:25

BI Rate dinaikkan karena ekonomi dunia belum stabil

Ameidyo Daud

Minggu,  17 November 2013  −  14:25 WIB

BI Rate dinaikkan karena ekonomi dunia belum stabil

Ilustrasi

Sindonews.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo menyatakan keputusan Bank Sentral menaikkan BI Rate sebesar 25 basis poin (bps) menjadi 7,5 persen dengan mempertimbangkan kondisi perekonomian dunia yang belum sepenuhnya stabil.

Dia mengaku tidak menargetkan angka BI Rate berada pada kisaran angka tertentu dan hanya mempertimbangkan situasi global yang dapat mempengaruhi kondisi perekonomian dalam negeri.

"Itu diakibatkan kondisi dinamika perekonomian dunia dan tidak ada yang bisa dilakukan (selain menaikkan BI Rate). Ini harus mencapai tingkat tertentu," kata Agus dalam acara Gerakan Ekonomi Syariah (Gres!) di lapangan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Minggu (17/11/2013).

Walaupun memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia akan melambat karena BI Rate naik dan berimbas pada melambatnya pertumbuhan sektor riil, namun Agus memprediksi bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini masih berada pada kisaran 5,7 persen. Angka ini relatif lebih baik dibandingkan perekonomian negara lain.

"Rata-rata dunia hanya tumbuh 3,6 persen. Sedangkan Indonesia pertumbuhan ekonominya masih kedua terbesar di negara-negara G-20," tuturnya.

Ketika disingung apakah BI Rate akan dinaikkan lagi menjelang akhir tahun, Agus enggan menjawab. Kendati demikian, dia memastikan bahwa BI akan tetap menjaga kestabilan ekonomi.

"BI akan tetap menjaga perekonomian dan menjaga stabilitas nilai tukar rupiah. Tetapi faktor eksternal memang cukup berperan," kata dia. 

(rna)

Mobile Apps

google play blackberry world

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions