Sabtu, 16 November 2013

Home » METRO TV NEWS: Gegara Stimulus Moneter AS, Pertumbuhan Ekonomi Melambat

,
METRO TV NEWS
Metrotvnews Indonesia News Video Portal // via fulltextrssfeed.com 
Get Organized in Sales

Powerful sales CRM for small teams. Pipedrive organizes your sales pipeline and it is so easy to use that sales people just love it.
From our sponsors
Gegara Stimulus Moneter AS, Pertumbuhan Ekonomi Melambat
Nov 16th 2013, 12:30

Metrotvnews.com, Jakarta: Lambatnya pertumbuhan ekonomi di negara-negara emerging market, termasuk Indonesia, disebabkan oleh perlambatan ekonomi Amerika Serikat. Pasalnya, berkurangnya stimulus moneter di AS memungkinkan kondisi finansial yang lebih ketat di negara emerging market.

Hal tersebut menyebabkan potensi pertumbuhan ekonomi dan pertumbuhan kredit melambat. Apalagi, stimulus moneter AS yang berkurang meningkatkan potensi pembalikan arus dana asing (capital reversal). Karenanya, muncul juga bottleneck dalam pembangunan infrastruktur di sejumlah negara emerging market.

Ketua Program MPKP FEUI Telisa Aulia, dalam diskusi Bauran Kebijakan Makroekonomi Indonesia Dalam Menghadapi Gejolak Ekonomi Global, di Magister Perencanaan dan Kebijakan Publik FEUI, Sabtu (16/11), mengatakan, kebijakan ekonomi AS yang ketat membuat permintaan eksternal menjadi rendah. Harga komoditas di tingkat internasional pun melambung.

Kebijakan moneter sendiri mengalami dilema, dalam hal ini, penurunan suku bunga terhadap depresiasi rupiah atau dolar. Penyebabnya antara lain ketergantungan Indonesia terhadap arus modal asing dalam bentuk portofolio, permasalahan struktural perekonomian sehingga membelenggu neraca pembayaran, dan permasalahan di sisi suplai sehingga inflasi tinggi.


Editor: Afwan Albasit

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions