Rabu, 30 Oktober 2013

Home » Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com: Skema kredit bank asing untuk UMKM lebih mudah

,
Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com
// via fulltextrssfeed.com 
The Next Generation in Online Meetings

GoTo Webinar is a new, affordable, do-it-yourself Web event service that doesn't require a consultant. Get $10 off after your complimentary trial.
From our sponsors
Skema kredit bank asing untuk UMKM lebih mudah
Oct 30th 2013, 07:09

Skema kredit bank asing untuk UMKM lebih mudah

Arif Budianto

Rabu,  30 Oktober 2013  −  14:09 WIB

Skema kredit bank asing untuk UMKM lebih mudah

ilustrasi/ist

Sindonews.com - Skema kredit yang ditawarkan perbankan asing bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dinilai lebih mudah ketimbang perbankan nasional.

Hal itu terlihat pada program pembiayaan yang mereka terbitkan. Manager Badan Promosi dan Pengelolaan Keterkaitan Usaha (BPPKU) Kadin Kota Bandung, Bambang Tris Bintoro mengatakan, sebagian UMKM mengandalkan modal usaha dari mekanisme personal loan, karena sulitnya mengakses kredit ke bank nasional.

Sistem ini memudahkan pelaku UMKM mendapat pinjaman modal tanpa persyaratan berbelit. Sayangnya, skema pinjaman modal ini baru di tawarkan perbankan asing. Sementara penetrasi mereka di Jawa Barat masih sangat terbatas.

"Bank nasional belum ada yang menawarkan skema ini. Sementara ini, baru digarap bank asing," kata dia di Bandung, Rabu (30/10/2013).

Kondisi tersebut menunjukkan, tingkat kepercayaan bank asing kepada UMKM lebih tinggi ketimbangkan perbankan nasional. Nilai pinjaman personal loan juga cukup tinggi, bisa mencapai Rp300 juta.

Atas kondisi tersebut, Bambang berharap pemerintah melalui Bank Indonesia (BI) sebagai penentu kebijakan perbankan, bisa memberi kemudahan akses kredit bagi pelaku UMKM.

Apabila perbankan tidak melakukan mekanisme yang lebih fleksibel, pihaknya khawatir, pelaku UMKM sulit berkembang. Sementara persaingan di 2015 pasca ASEAN Economic Community (AEC) semakin terbuka.

(izz)
Sindonews Apps : Sindonews Android Apps

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions