Rabu, 30 Oktober 2013

Home » METRO TV NEWS: Pertumbuhan Ekonomi Diprediksi Menurun, Ini Tanggapan Pemerintah

,
METRO TV NEWS
Metrotvnews Indonesia News Video Portal // via fulltextrssfeed.com 
Manage your social media

Best social media tool for image publishing to Facebook and Twitter. Look amazing and delight your followers. Get 40% off when you sign up today.
From our sponsors
Pertumbuhan Ekonomi Diprediksi Menurun, Ini Tanggapan Pemerintah
Oct 30th 2013, 06:56

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Keuangan Chatib Basri tidak membantah bahwa pertumbuhan ekonomi pada kuartal ketiga akan menurun. Namun, ia memperkirakan besarnya adalah 5,8% atau sedikit lebih optimistis bila dibandingkan komentar pengamat.

"Kita melihat beberapa leading indicator masih cukup lumayan misalnya penjualan mobil masih tinggi. Bank Indonesia sudah mulai melakukan slowdown credit growth karena kalau dilihat dari penjualan mobil masih tinggi, retail masih lumayan. Angka investasi di kuartal III juga mencapai Rp100,5 triliun. Jadi, kalau dilihat dari situ bisa 5,8%," tukas Chatib di kantornya di Jakarta, Rabu (30/10).

Ekspor diperkirakan masih melambat meskipun ada potensi perbaikan setelah ekonomi China kuartal ketiga tumbuh 7,8%, lebih cepat dari perkiraan banyak pihak.

Menurut Chatib, hal tersebut bisa membantu harga komoditas internasional sehingga ekspor Indonesia bisa naik secara nilai. Chatib masih mempertahankan pandangan pemerintah bahwa pertumbuhan ekonomi tahun ini bisa mencapai 5,5-5,9% dan 6% di tahun depan.

Namun, ia tidak memberikan komentar soal tudingan bahwa pemerintah secara sengaja melemahkan realisasi proyek pemerintah.

Seperti disebutkan sebelumnya, tren pelemahan pertumbuhan ekonomi diprediksi masih akan terjadi pada kuartal III-2013 setelah pertumbuhan kuartal I 6,02% dan kuartal II 5,81%. Di kuartal III, pertumbuhan ekonomi diperkirakan akan mencapai 5,6%.

Kepala Ekonom BTN A Prasetyantoko menuduh pemerintah secara sengaja melemahkan realisasi proyek pemerintah.

"Pemerintah di kuartal ketiga ada proyek yang diexplore, akhirnya pemerintah sendiri punya sikap tidak terlalu ikut melakukan penyerapan anggaran. Alasannya sih supaya pertumbuhannya tidak terlalu besar," katanya saat dihubungi di Jakarat, Rabu (30/10). (Gayatri Suroyo)


Editor: Irvan Sihombing

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions