Rabu, 30 Oktober 2013

Home » METRO TV NEWS: Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III Diprediksi Melemah

,
METRO TV NEWS
Metrotvnews Indonesia News Video Portal // via fulltextrssfeed.com 
Manage your social media

Best social media tool for image publishing to Facebook and Twitter. Look amazing and delight your followers. Get 40% off when you sign up today.
From our sponsors
Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III Diprediksi Melemah
Oct 30th 2013, 06:34

Metrotvnews.com, Jakarta: Tren pelemahan pertumbuhan ekonomi diprediksi masih akan terjadi pada kuartal III-2013 setelah pertumbuhan kuartal I 6,02% dan kuartal II 5,81%. Di kuartal III, pertumbuhan ekonomi diperkirakan akan mencapai 5,6%.

Demikian ditegaskan Kepala Ekonom BTN A Prasetyantoko ketika dihubungi wartawan di Jakarta, Rabu (30/10). "Secara umum pasti lebih rendah dari kuartal kedua. Kan kemarin 5,8%, dugaan saya sih kuartal III 5,5-5,6% karena pengetatan mulai terasa dari kenaikan BI rate. Dampak dari inflasi yang kemarin juga cukup tinggi menggerus permintaan domestik. Itu terasanya di kuartal III," kata Pras.

Pras mencatat meski inflasi sudah mulai mereda pada September, mengindikasikan dampak kenaikan harga BBM sudah mereda, daya beli masyarakat sudah terpukul terlebih dulu. Apalagi, kenaikan harga juga didorong pelemahan rupiah yang mempengaruhi harga jual barang impor.

Pertumbuhan investasi sebagai pendorong pertumbuhan kedua setelah konsumsi rumah tangga juga melemah. "Investasi sudah mulai turun di beberapa sektor terutama di pertambangan dan agribisnis agak drastis. Investasi akan turun juga di kuartal III, karena masih sejalan dengan kuartal II," ujar Pras seraya menyebutkan investasi juga terpengaruh pengetatan likuiditas di domestik dan di luar negeri. (Gayatri Suroyo)


Editor: Irvan Sihombing

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions