Rabu, 30 Oktober 2013

Home » METRO TV NEWS: Kemnakertrans Buka Sejuta Hektare Lahan Kedelai di Kawasan Transmigrasi

,
METRO TV NEWS
Metrotvnews Indonesia News Video Portal // via fulltextrssfeed.com 
Manage your social media

Best social media tool for image publishing to Facebook and Twitter. Look amazing and delight your followers. Get 40% off when you sign up today.
From our sponsors
Kemnakertrans Buka Sejuta Hektare Lahan Kedelai di Kawasan Transmigrasi
Oct 30th 2013, 00:00

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi akan membuka 1 juta hektare lahan di kawasan transmigrasi untuk ditanami kedelai secara bertahap selama tiga tahun. Lahan itu tersebar di 26 provinsi di Indonesia.

Pembukaan lahan kedelai kawasan transmigrasi dilakukan agar target produksi kedelai sebesar 1,5 juta ton selama 3 tahun tercapai dan bisa mengurangi ketergantungan impor kedelai.

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar mengatakan pembukaan lahan itu merupakan bagian dari upaya menggenjot produksi kedelai nasional melalui program Upaya Khusus Pengembangan Kawasan Transmigrasi Untuk Swasembada Kedele (Upsus Bangkit Kedele).

"Potensi lahan yang luas dan ketersediaan tenaga kerja di kawasan transmigrasi harus dimanfaatkan untuk mendukung peningkatan produksi kedelai nasilonal," kata Muhaimin, Selasa (29/10) seusai menghadiri Rapat Kabinet Terbatas Ketahanan Pangan di Bukit Tinggi.

Dalam Rapat Kabinet Terbatas yang dipimpin Presiden RI Soesilo Bambang Yudhoyono itu, Muhaimin mengatakan pengembangan transmigrasi memang dirancang untuk perluasan areal pertanian di luar Pulau Jawa menuju ketahanan pangan, termasuk produksi kedelai nasional.

"Kawasan  transmigrasi dipilih  karena ketersediaan lahan dan sumber daya manusia yang sangat potensial untuk pengembangan produksi kedelai. Kemnakertrans dan Kementerian Pertanian akan memulai gerakan bersama ini pada musim tanam 2013/2014 seluas 155.000 ha dengan target produksi sebanyak 225.000 ton," kata Muhaimin

Selanjutnya, kata Muhaimin, pada 2014 dan 2015 akan dibuka lahan kedelai seluas 400 ribu hektare dengan target produksi sebanyak 600 ribu ton dan 450 ribu hektare target produksi sebanyak 675 ribu ton. (RO)


Editor: Basuki Eka Purnama

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions