Minggu, 29 September 2013

Home » Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com: Inpex harus produksi dulu sebelum minta perpanjangan

,
Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com
// via fulltextrssfeed.com 
Inpex harus produksi dulu sebelum minta perpanjangan
Sep 29th 2013, 11:03

Inpex harus produksi dulu sebelum minta perpanjangan

Nanang Wijayanto

Minggu,  29 September 2013  −  18:03 WIB

Inpex harus produksi dulu sebelum minta perpanjangan

Ilustrasi/Ist

Sindonews.com - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) meminta perusahaan migas asal Jepang, Inpex Masela Ltd membuktikan dulu produksinya sebelum meminta perpanjangan kontrak Blok Masela.
  
"Inpex harus membuktikan dulu hasil produksinya sesuai POD yang telah disetujui," kata Anggota Komisi VII DPR Bobby Rizaldi, di Jakarta, Minggu (29/9/2013).
  
Sesuai rencana pengembangan (plan of development/POD) yang disetujui pemerintah pada Desember 2010, Blok Masela direncanakan memproduksi gas 355 mmscfd dan kondensat 8.400 barel per hari (bph).

Kalau pemerintah memperpanjang konsesi Masela, menurut Bobby, maka berarti benar adanya bahwa kedaulatan migas sudah hilang. "Jadi, pemerintah harus tolak perpanjangan kontrak Masela yang diusulkan Inpex," ujarnya.
  
Dia mengatakan, Masela yang memiliki cadangan gas besar, adalah blok migas yang pertama bagi Inpex sebagai operator. "Jangan sampai ini menjadi proyek coba-coba Inpex, sehingga berdampak pada 'cost recovery' yang membengkak dan negara dirugikan," katanya.
  
Artinya, lanjutnya, Inpex hanya menjadikan Masela sebagai bisnis "cost recovery" atau biaya operasi yang dikembalikan saja, tanpa ada dampak berantai karena seluruh produksi gas diekspor ke Jepang.

(gpr)
Sindonews Apps : Sindonews Android Apps

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions