Minggu, 29 September 2013

Home » METRO TV NEWS: Ledakan Penduduk Dikhawatirkan Gembungkan Pengangguran

,
METRO TV NEWS
Metrotvnews Indonesia News Video Portal // via fulltextrssfeed.com 
Earn an MBA degree

Advance your career with an MBA Only $325 per credit hour
From our sponsors
Ledakan Penduduk Dikhawatirkan Gembungkan Pengangguran
Sep 29th 2013, 11:09

Metrotvnews.com, Jakarta: Jumlah penduduk Indonesia terus melonjak tiap tahun. Ledakan penduduk ini dikhawatirkan akan berdampak negatif terhadap perekonomian nasional.

"Jumlah penduduk yang naik akan meningkatkan pengangguran di Tanah Air kalau lapangan kerja tidak tersedia," ujar ekonom dari Universitas Gajah Mada Sri Adiningsih yang mengaku tengah berada di Amsterdam, Belanda, melalui telepon, Minggu (29/9).

Ia menjelaskan bahwa penambahan penduduk akan berdampak positif jika mampu berkontribusi pada perekonomian nasional. Misalnya, setiap penduduk menjadi tenaga kerja profesional.

Sebaliknya, jumlah penduduk yang naik akan mengganggu perekonomian jika ekonomi tidak bertumbuh. Implikasinya, pendapatan per kapita akan turun. Artinya, daya beli masyarakat menjadi rendah yang berimplikasi pada penurunan konsumsi.

Di tengah tingkat konsumsi yang rendah, lanjut Sri, investasi menurun. Sebab, industri akan enggan berekspansi. "Khawatirnya kalau lapangan kerja yang tercipta tidak mencukupi, pengangguran akan naik," pungkas Sri. (Daniel Wesly Rudolf)


Editor: Wisnu AS

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions