Senin, 30 September 2013

Home » Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com: Regulasi lemah, penetrasi perbankan lambat

,
Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com
// via fulltextrssfeed.com 
TypePad Has the Tools

Looking for a premiere blogging service? Start your blog today on TypePad.
From our sponsors
Regulasi lemah, penetrasi perbankan lambat
Sep 30th 2013, 06:58

Branchless banking

Regulasi lemah, penetrasi perbankan lambat

Arif Budianto

Senin,  30 September 2013  −  13:58 WIB

Regulasi lemah, penetrasi perbankan lambat

Ilustrasi/Ist

Sindonews.com - Ekspansi layanan keuangan sektor perbankan terhadap masyarakat dinilai berjalan lambat akibat lemahnya aturan pemerintah terkait branchless banking.
 
Penetrasi perbankan terhadap masyarakat saat ini masih sangat rendah. Riset terbaru menunjukkan, 68 persen dari 246,9 juta penduduk Indonesia belum memiliki rekening. Parahnya lagi, untuk penduduk Indonesia berusia 15 tahun ke atas, 80,4 persen tidak memiliki akun keuangan formal.
 
Menurut Chairman Lembaga Riset Telematika Sharing Vision, Dimitri Mahayana, rendahnya penetrasi perbankan terhadap semua lapisan masyarakat Indonesia tidak lepas dari keseriusan pemerintah dalam meningkatkan akses keuangan masyarakat. Sampai saat ini, belum ada regulasi spesifik yang mengatur branchless banking.
 
"Sampai saat ini, belum ada regulasi yang spesifik mengatur kewajiban perbankan memperluas akses keuangan masyarakat. Akibatnya, perbankan dan industri telekomunikasi lainnya seolah berjalan sendiri-sendiri. Mestinya, mereka berjalan beriringan meningkatkan penetrasi keuangan ke masyarakat," jelas Dimitri di Bandung, Senin (30/9/2013).
 
Dimitri mengakui, ada sebagian perbankan yang berusaha menerapkan branchless banking, namun terlihat kurang serius. Sebagian perbankan menganggap, branchless banking hanya sekedar perluasan jaringan. Padahal, bisa mensejahterakan masyarakat. Kemudahan akses keuangan desa dan kota berdampak terhadap peningkatan ekonomi makro.

(gpr)
Sindonews Apps : Sindonews Android Apps

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions