Jumat, 27 September 2013

Home » METRO TV NEWS: Beras Nasional 2013 Aman

,
METRO TV NEWS
Metrotvnews Indonesia News Video Portal // via fulltextrssfeed.com 
Want new traffic sources?

Download a copy of our complimentary eBook today, and read about sources that most marketers are not aware of.
From our sponsors
Beras Nasional 2013 Aman
Sep 26th 2013, 16:49

Metrotvnews.com, Kuala Lumpur: Persediaan beras nasional pada 2013 dalam kondisi aman karena pasokan mencukupi sehingga harganya juga relatif stabil.

"Stok beras aman. Jagung juga telah swasembada," kata Menteri Pertanian Suswono di sela-sela menghadiri pertemuan ke-35 Menteri Pertanian dan Kehutanan ASEAN (AMAF) di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (26/9). Disebutkannya, produksi beras nasional dalam 20 tahun terakhir mengalami peningkatan meskipun rata-rata di bawah tiga persen.

Untuk tahun ini, kata dia, diharapkan ada peningkatan meskipun tidak besar sekitar lima persen. Dari sisi pasokan juga terbilang lancar dan
normal, terutama di Pasar Induk Cipinang yang rata-rata 2.000 ton per hari. Pada 2012, produksi beras nasional mencapai 39,1 juta ton dengan konsumsi sekitar 33,4 juta ton sehingga ada surplus sekitar 5,6 juta ton.

Untuk kedelai sangat dipengaruhi harga di pasar internasional mengingat Indonesia masih bergantung terhadap pasokan impor. Konsumsi kedelai di dalam negeri mencapai 2,4 juta ton. Sekitar 800 ribu ton dipasok dari dalam negeri dan sisanya impor. "Dua pertiga dari kebutuhan kedelai di dalam negeri dari impor," ungkapnya. (Ant)


Editor: Wisnu AS

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions