Minggu, 29 September 2013

Home » METRO TV NEWS: Indonesia Berpotensi Jadi Negara Tukang

,
METRO TV NEWS
Metrotvnews Indonesia News Video Portal // via fulltextrssfeed.com 
Manage your social media

Best social media tool for image publishing to Facebook and Twitter. Look amazing and delight your followers. Get 40% off when you sign up today.
From our sponsors
Indonesia Berpotensi Jadi Negara Tukang
Sep 29th 2013, 12:56

Metrotvnews.com, Jakarta: Indonesia berpotensi jadi negara tukang jika pertumbuhan penduduk tidak diimbangi dengan pertumbuhan ekonomi.

Pertumbuhan penduduk di Indonesia dinilai patut diwaspadai. Sebab, penambahan masyarakat ini tanpa diiringi dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi.

"Penambahan penduduk saat ini akan menjadi permasalahan kedepannya," ujar ekonom dari Universitas Padjadjaran, Ina Primiana melalui telepon, Minggu (29/9).

Tingkat pengangguran terbuka di dalam negeri saat ini tinggi. Dengan ditambah inflasi yang tinggi, daya beli masyarakat rendah.

Akibatnya, bayi-bayi yang lahir tentunya dilahirkan dalam kndisi berbagai keterbatasan. "Sehingga 15-20 tahun mendatang, kualitas penduduk Indonesia bisa jadi masih seperti saat ini, produktivitas rendah," tutur dia.

"Indonesia akan menjadi negara tukang," regas Ina.

Ina melanjutkan, yang terjadi saat ini adalah kesenjangan yang besar antara kualifikasi yang dibutuhkan dengan yang tersedia. Karena perencanaan yang tidak link antara industri dan pendidikan.

Kondisi ini yang mendorong jumlah TKI yang terus meningkat. Mereka (masyarakat) tidak punya akses ke sumber ekonomi di sini.

"Oleh karena itu, dari sekarang harus disesuaikan potensi daerah dengan ketrampilan masyarakat sejak dini, berdayakan BLK-BLK jadi mereka bisa mengisi lapangan pekerjaan yang ada di daerahnya masing-masing secara profesional/ahli."

Kementerian perindustrian, Kementerian Pertanian juga harus link juga dengan Kementerian Pendidikan supaya kebutuhan pasar kerja bisa sesuai. (Daniel Wesly Rudolf)


Editor: Agus Tri Wibowo

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions