Jumat, 23 Agustus 2013

Home » Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com: Transaksi modal dan finansial kembali surplus

,
Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com
// via fulltextrssfeed.com 
Introduction to Coaching & CEC's

In less than an hour, you'll learn how to win the hearts of your members and build a successful fitness community. Sign up for this $49 online course.
From our sponsors
Transaksi modal dan finansial kembali surplus
Aug 23rd 2013, 05:57

Triwulan II/2013

Transaksi modal dan finansial kembali surplus

Giri Prakosa

Jum'at,  23 Agustus 2013  −  12:57 WIB

Transaksi modal dan finansial kembali surplus

Ilustrasi/Ist

Sindonews.com - Kebijakan Bank Indonesia (BI) dan strategi pembiayaan fiskal yang diterapkan oleh pemerintah untuk merespons gejolak pasar keuangan global yang terus berlanjut telah membantu mengembalikan surplus transaksi modal dan finansial.

"Bauran kebijakan yang diambil oleh Bank Indonesia, didukung oleh kebijakan pemerintah di bidang pembiayaan fiskal, berhasil mengurangi dampak negatif dari memburuknya kondisi ekonomi dan keuangan global terhadap Neraca Pembayaran Indonesia (NPI)," ujar Gubernur BI, Agus Martowardojo dalam keterangan persnya, Jumat (23/8/2013).

Setelah mengalami defisit sebesar USD0,3 miliar pada triwulan I/2013, transaksi modal dan finansial kembali mencatat surplus sebesar USD8,2 miliar pada triwulan II/2013. Perbaikan ini antara lain berasal dari meningkatnya arus masuk investasi langsung asing yang mengindikasikan tetap kuatnya keyakinan investor terhadap kondisi fundamental dan prospek ekonomi Indonesia ke depan.

Selain itu, investasi portofolio asing masih mencatat surplus yang cukup signifikan, meskipun sempat terjadi arus keluar yang cukup besar pada Juni 2013 pasca mencuatnya rencana penghentian kebijakan moneter longgar (quantitative easing) di AS.

Hal ini didukung oleh langkah antisipatif yang diambil oleh BI dalam meredam kenaikan ekspektasi inflasi melalui peningkatan suku bunga Fasilitas Simpanan Bank Indonesia (FasBI) dan BI rate, selain juga langkah pemerintah menerbitkan obligasi valuta asing sebagai salah satu sumber pembiayaan defisit fiskal, serta meningkatnya penerbitan obligasi valas oleh korporasi.

Perbaikan transaksi modal dan finansial juga berasal dari surplus pada investasi lainnya, terutama dalam bentuk penarikan simpanan milik perbankan domestik di luar negeri. Bank-bank menarik sebagian simpanannya di luar negeri, selain untuk memenuhi kebutuhan nasabah, juga untuk memanfaatkan fasilitas simpanan berupa instrumen term deposit valas dan fasilitas lindung nilai berupa instrumen swap valas yang disediakan oleh BI.

"Pada triwulan III/2013, perbaikan kondisi ekonomi dan keuangan global serta perlambatan permintaan domestik diharapkan dapat mendukung upaya pemulihan keseimbangan eksternal Indonesia," pungkasnya.

(gpr)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions