Rabu, 28 Agustus 2013

Home » Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com: Telkom bangun jaringan fiber optic di Aceh

,
Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com
// via fulltextrssfeed.com 
Learn from successful entrepreneurs.

Pick up tips and advice from the noteworthy when you subscribe to Startup Frontier! Read interviews on how they launched and built their businesses.
From our sponsors
Telkom bangun jaringan fiber optic di Aceh
Aug 28th 2013, 13:09

Telkom bangun jaringan fiber optic di Aceh

Heru Febrianto

Rabu,  28 Agustus 2013  −  20:09 WIB

Telkom bangun jaringan <i>fiber optic</i> di Aceh

Ilustrasi/Ist

Sindonews.com – PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Tbk (TLKM) akan membangun jaringan Fiber Optic (FO) sepanjang 400 kilometer (km) di jalur tengah Aceh yang menghubungkan  Kabupaten Biruen,  Kab. Bener Meriah, Kab. Aceh Tengah, Kab. Gayo Lues dan Kab. Aceh Tenggara selanjutnya menembus ke Kabanjahe, Kab. Karo Sumatera Utara.
 
Direktur Network IT & Solution Telkom, Rizkan Chandra mengatakan pembangunan Fiber Optic di jalur tengah ini diharapkan dapat menjawab kebutuhan akses telekomunikasi (suara dan data) yang lebih besar. Penggelaran FO di jalur tengah Aceh merupakan  program nasional dalam kerangka besar Indonesia Digital Network (IDN) 2015 guna mendukung Master Plan Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).
 
"IDN merupakan visi pengembangan infrastruktur true broadband  Telkom secara end to end (user terminal, akses, transport dan service) yang akan dicapai melalui pembangunan tiga infrastruktur utama, yakni Indonesia Digitas Access (ID Access), Indonesia Digital Ring (ID Ring) dan Indonesia Digital Convergence (ID Convergence)," kata Rizkan dalam keterangan rilisnya di Jakarta, Rabu (28/7/2013)
 
Dia menjelaskan, pembangunan ketiga infrastruktur utama Telkom itu didasari oleh pemikiran bahwa setiap lapisan masyarakat Indonesia berhak mengakses informasi yang sama. "Kami meyakini kemudahan mengakses informasi akan mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia," ujar Rizkan.
 
Penggelaran jaringan Fiber Optic sepanjang 400 km itu ditandai dengan seremonial  pembukaan selubung proyek dan penyalaan eskavator oleh 10 orang petugas lapangan. Selain dimulainya  pengerjaan penggelaran FO juga diresmikan Node-B Telkomsel yang ke-3369 dengan melepas 69 ekor merpati oleh Direktur NITS bersama Gubernur Aceh, dr. Zaini Abdullah. Pelepasan 69 ekor merpati itu, sebagai harapan langgennya kedamaian di Serambi Mekah.
 
Pengembangan jalur tengah, khususnya kawasan pegunungan di Aceh kini menjadi fokus perhatian pemerintah provinsi Aceh. Potensi dan pertumbuhan di kawasan yang membelah ekosistem Leuser itu diharapkan dapat didorong lebih cepat dengan kehadiran infrastruktur ICT yang lebih baik. Saat ini, dengan hanya mengandalkan jaringan tembaga dan radio, maka akses data dari dan ke kawasan itu belum dapat memenuhi ekspektasi masyarakat di sana.
 
"Pengerjaan proyek FO-nisasi di jalur tengah Aceh sejauh 400 km itu diharapkan dapat mendorong tersediaanya berbagai layanan ICT yang dapat memenuhi harapan masyarakat di dataran tinggi Gayo-Alas," pungkas Rizkan.

(gpr)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions