Rabu, 28 Agustus 2013

Home » Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com: Raskin kualitas bagus siap diluncurkan di Solo

,
Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com
// via fulltextrssfeed.com 
Learn from successful entrepreneurs.

Pick up tips and advice from the noteworthy when you subscribe to Startup Frontier! Read interviews on how they launched and built their businesses.
From our sponsors
Raskin kualitas bagus siap diluncurkan di Solo
Aug 28th 2013, 14:07

Raskin kualitas bagus siap diluncurkan di Solo

Abdul Alim

Rabu,  28 Agustus 2013  −  21:07 WIB

Raskin kualitas bagus siap diluncurkan di Solo

Ilustrasi/Koran Sindo

Sindonews.com - Kekecewaan warga mengonsumsi beras berkualitas buruk tampaknya akan sedikit terobati melalui bantuan beras premium. Keluarga miskin di Kota Solo, Jawa Tengah berhak menerima 5 Kg beras kualitas bagus ini, sebagai pendamping program raskin dari pemerintah pusat.

Sumber pendanaan dari APBD 2013 Perubahan senilai Rp2,1 miliar disiapkan untuk 17.259 rumah tangga sasaran (RTS). Ini merupakan hasil olah data Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) terhadap 46.282 keluarga miskin versi Badan Pusat Statistik (BPS).

Wakil Ketua DPRD Kota Solo Supriyanto mengatakan, program beras premium akan berjalan tiga bulan, dengan memperhitungkan ketersediaan dana dan jumlah penerima bantuan.

"Raskin premium ini akan digelontorkan selama tiga bulan, bersumber APBD-P. Sasarannya adalah keluarga miskin yang luput dari program raskin dari pemerintah pusat, yang selama ini berjalan," kata dia, Rabu (28/8/2013).

Dijelaskannya, bantuan ini hanya bersifat mendampingi raskin sehingga cakupannya disesuaikan kemampuan daerah. Selama ini, keluarga miskin dalam program raskin reguler menerima 15 Kg beras per bulan dengan nilai tebus Rp1.600 per kilo. Pelaksanaan program beras premium selama tiga bulan sekaligus menakar respons publik terhadap terobosan ini.

"Kami sudah menyetujui anggaran sebeasr Rp2,1 miliar. Nantinya ini disalurkan mulai Oktober hingga Desember. Soal apakah akan diteruskan pada tahun berikutnya ataukah tidak, akan ditentukan apabila anggaran cukup dan efektif," jelas politikus Fraksi Partai Demokrat ini.

Nantinya, persoalan teknis raskin premium berada di tangan Kantor Ketahanan Pangan (KKP). Ini berbeda dengan raskin reguler yang dikelola Bagian Administrasi Perekonomian Setda Solo.

Untuk diketahui, pengajuan program beras premium selalu kandas selama beberapa kali tahun anggaran. Tahun ini, program tersebut akhirnya disetujui DPRD melalui pengalokasian kembali uang sisa lebih perhitungan anggaran (Silpa).

(gpr)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions