Sabtu, 31 Agustus 2013

Home » Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com: Pemerintah tak perlu ikut restrukturisasi utang swasta

,
Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com
// via fulltextrssfeed.com 
Create positive health habits and dramatically improve the quality of your life.

Begin by following this comprehensive system that includes tools and techniques Dashama has compiled over the past 12 years traveling the world.
From our sponsors
Pemerintah tak perlu ikut restrukturisasi utang swasta
Aug 31st 2013, 08:06

Pemerintah tak perlu ikut restrukturisasi utang swasta

Ameidyo Daud

Sabtu,  31 Agustus 2013  −  15:06 WIB

Pemerintah tak perlu ikut restrukturisasi utang swasta

Menteri Keuangan Chatib Basri. Foto: Istimewa

Sindonews.com - Menteri Keuangan (Menkeu) M Chatib Basri mengemukakan, pemerintah tidak akan ikut campur tangan dalam kebijakan restrukturisasi utang luar negeri swasta untuk mengurangi tekanan pada nilai tukar rupiah.

Menurutnya, utang swasta merupakan kebijakan yang dibuat antara pihak swasta sehingga pemerintah tidak perlu ikut campur dengan mengeluarkan kebijakan restrukturisasi utang yang diambil swasta secara kolektif.

"Kalau utang swasta dengan swasta kan di antara mereka saja. Masa pemerintah yang juga ikut," ujarnya dikutip dalam situs resmi Kementerian Keuangan, Sabtu (31/8/2013).

Sebelumnya, Institute for Development Economic and Finance (INDEF) mengatakan, pemerintah perlu melakukan kebijakan jangka pendek untuk menenangkan pasar.

Menurut INDEF, pengelolaan utang luar negeri swasta yang total mencapai USD126 miliar dapat menjadi solusi pemerintah yang tepat dalam mengatasi tekanan dolar pada rupiah.

Pada kesempatan berbeda, pengamat ekonomi yang juga Sekretaris Komite Ekonomi Nasional (KEN) Aviliani menyarankan cara yang sama untuk mengurangi kebutuhan dolar dan juga meredakan tekanan pada rupiah.

"Berarti pemerintah di sini sebagai mediator untuk restrukturisasi (utang luar negeri swasta) supaya kebutuhan dolar bisa dikurangi," ujarnya di Hotel Four Seasons, Jakarta, Jumat (30/8/2013).

(dmd)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions