Rabu, 28 Agustus 2013

Home » Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com: IHSG dan rupiah melemah karena ketidakpastian global menguat

,
Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com
// via fulltextrssfeed.com 
Get healthier and fit with celebrity yoga instructor, Sadie Nardini.

The course will teach you a 14 day routine so you can maintain a body more free of toxins and extra weight.
From our sponsors
IHSG dan rupiah melemah karena ketidakpastian global menguat
Aug 28th 2013, 04:31

IHSG dan rupiah melemah karena ketidakpastian global menguat

Izzudin

Rabu,  28 Agustus 2013  −  11:31 WIB

IHSG dan rupiah melemah karena ketidakpastian global menguat

Staf Khusus Presiden bidang Ekonomi dan Pembangunan, Firmanzah/Foto setkab.go.id

Sindonews.com - Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Firmanzah mengemukakan, ekonomi Indonesia bersama ekonomi dunia sedang berada dalam wilayah ketidakpastian global (uncertainty teritory) yang semakin meluas dan kompleks.

Menurutnya, ada dua wilayah ketidakpastian global yang sangat memengaruhi gejolak ekonomi dunia, yaitu dunia sedang menunggu kepastian tentang keputusan Bank Sentral AS (The Fed) untuk mengurangi stimulus moneter tahap ketiga atau quantitative easing tahap ketiga.

Kedua, kata dia, belum tuntasnya menunggu ketidakpastian tentang keputusan Bank Sentral AS itu, dunia tiba-tiba mendapatkan tambahan wilayah ketidakpastian baru yaitu yang terkait dengan krisis di Suriah.

Dia menuturkan, rencana pemerintah AS, Perancis dan Inggris dalam intervensi militer ke Suriah telah menciptakan gejolak baru di pasar keuangan dunia.

"Kekhawatiran ini memicu terganggunya pasokan minyak mentah dunia, dan mengakibatkan sejumlah saham industri dan perusahaan yang memiliki komponen biaya minyak dalam fungsi produksi akan mengalami lonjakan production-cost akibat kenaikan harga minyak mentah," kata dia seperti dikutip dari situs resmi Setkab, Rabu (28/8/2013).

Akibatnya, lanjut Firmanzah, sejumlah indeks pasar saham global berjatuhan. "Tidak hanya di Indonesia tetapi juga di Tokyo, AS, bursa-bursa saham Asia di Filipina, Korea Selatan, Malaysia, Thailand, termasuk Indonesia yang mengalami tekanan aksi jual," terangnya.

Tidak hanya IHSG, menurut dia, nilai tukar mata uang juga terus mengalami tekanan di banyak negara. Termasuk dollar Australia yang melemah cukup tajam.

(izz)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions