Senin, 26 Agustus 2013

Home » Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com: Tembakau asal Klaten sudah kualitas ekspor

,
Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com
// via fulltextrssfeed.com 
The Ultimate Sports Fundraising Program

This $27 online course teaches fundraising approaches specifically for sports programs. Learn to raise money like the nation's top programs. Sign up today.
From our sponsors
Tembakau asal Klaten sudah kualitas ekspor
Aug 26th 2013, 07:55

Tembakau asal Klaten sudah kualitas ekspor

Arief Setiadi

Senin,  26 Agustus 2013  −  14:55 WIB

Tembakau asal Klaten sudah kualitas ekspor

Ilustrasi/Ist

Sindonews.com - Kabupaten klaten memang dikenal sebagai daerah yang memiliki lahan pertanian yang cukup bagus. Hampir sebagian besar lahan pertainan di Kabupaten Klaten sangat subur dan menghasilkan panen yang melimpah untuk berbagai jenis tanaman yang ditanam oleh petani.

Sebagian besar, masyarakat mengenal Klaten sebagai sentra penghasil beras kualitas bagus di wilayah Jawa Tengah. Bahkan saking terkenalnya, banyak beras dari luar daerah menamakan dirinya dengan beras klaten dengan alih-alih laku di pasaran.

Akan tetapi potensi pertanian di Kabupaten Klaten tidak hanya berasal dari tanaman padi atau beras saja, melainkan  dari sektor pertanian jenis tembakau. Beberapa jenis tembakau kelas dunia ditanam di lahan pertanian Kota Bersinar tersebut. Tembakau itu di antaranya jenis Virginia, Vorstland dan beberapa jenis tembakau lainnya.

Tembakau-tembakau tersebut tumbuh subur di sepanjang lahan pertanian ddi Klaten. Bahkan tembakau itu juga subur di lereng Merapi seperti di wilayah Kecamatan Kemalang dan Manisrenggo.

Salah seorang petani, asal Kemalang, Nartomo, menyebutkan tembakau yang ditanam di Klaten tersebut yang kualitas utama memang dipakai untuk ekspor ke luar negeri. Menurutnya tembakau berkualitas tersebut di luar negeri dipakai untuk bahan pembuat cerutu. Selain itu ada juga yang dipakai untuk bahan baku rokok kualitas utama baik di luar negeri maupun di Indonesia.

Sementara itu petani lain, Suraji, menyebutkan banyaknya tembakau kualitas ekspor tersebut sangat mengangkat taraf hidup para petani. Tidak jarang ditemukan para petani tembakau yang sukses. Bahkan banyak juga petani tembakau yang membuka lapangan kerja bagi masyarakat lain di luar daerah Klaten.

"Banyak petani yang sekarang jadi bos, sehingga banyak warga luar daerah yang ikut bekerja mengurusi tembakau," ucapnya.

(gpr)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions