Kamis, 22 Agustus 2013

Home » Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com: Laba bersih PetroChina semester pertama naik 5,6%

,
Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com
// via fulltextrssfeed.com 
Want new traffic sources?

Download a copy of our complimentary eBook today, and read about sources that most marketers are not aware of.
From our sponsors
Laba bersih PetroChina semester pertama naik 5,6%
Aug 22nd 2013, 11:23

Laba bersih PetroChina semester pertama naik 5,6%

Kamis,  22 Agustus 2013  −  18:23 WIB

Laba bersih PetroChina semester pertama naik 5,6%

Ilustrasi/Foto: Istimewa

Sindonews.com - PetroChina melaporkan kenaikan laba bersih pada semester pertama 2013 sebesar 5,6 persen, mengutip dorongan reformasi kebijakan yang membantu mempersempit kerugian di bisnis kimia dan penyulingan.

Salah satu negara konsumen minyak terbesar di dunia itu membawa mekanisme harga BBM pada Maret, lebih sesuai standar pasar internasional. Sehingga, memberikan lebih banyak ruang bagi perusahaan minyak dalam menetapkan harga, lebih dekat dengan harga pasar.

Dalam sebuah pengajuan kepada Bursa Efek Hong Kong, PetroChina membukukan laba bersih sebesar 65,52 miliar yuan (USD10,70 miliar) untuk enam bulan yang berakhir 30 Juni, dibandingkan dengan 62,02 miliar yuan pada paruh pertama 2012.

Pendapatan naik 5,2 persen menjadi 1,10 triliun yuan, dibandingkan dengan 1,05 triliun yuan pada periode yang sama tahun lalu.

"Kelompok ini berhasil mengurangi kerugian dari penyulingan dan segmen kimia," kata Ketua Perusahaan Zhou Jiping dalam pernyataannya, seperti dilansir dari AFP, Kamis (22/8/2013).

Segmen penyulingan melihat penurunan 45 persen pada kerugian operasi menjadi 15,86 miliar yuan, dibandingkan dengan 28,88 miliar yuan pada periode yang sama tahun lalu.

Pada Maret, pemerintah Beijing membawa settingan harga BBM lebih dekat dengan standar internasional, bergoyang dari praktik lama, di mana harga domestik sering lebih rendah dari harga pasar, meremas keuntungan bagi penyuling.

Namun, PetroChina menyebutkan ketidakpastian ekonomi global, perlambatan pertumbuhan China, dan kelebihan pasokan minyak global menjadi tantangan perusahaan dalam menghadapi sisa tahun ini. "Pemulihan ekonomi global akan tetap sangat tidak pasti di paruh kedua 2013," kata Zhou.

"Pasokan di pasar minyak internasional mungkin sedikit melebihi permintaan. Harga minyak mentah kemungkinan akan terus berfluktuasi pada tingkat tinggi," tambahnya.

Di pihak lain, CNOOC, saingan utama perusahaan melaporkan laba bersih semester pertama naik sebesar 7,9 persen year-on-year (yoy) pada Selasa (20/8/2013).

(dmd)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions