Sabtu, 24 Agustus 2013

Home » Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com: Pelemahan rupiah belum berdampak ke dunia usaha

,
Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com
// via fulltextrssfeed.com 
Learn from successful entrepreneurs.

Pick up tips and advice from the noteworthy when you subscribe to Startup Frontier! Read interviews on how they launched and built their businesses.
From our sponsors
Pelemahan rupiah belum berdampak ke dunia usaha
Aug 24th 2013, 10:46

Pelemahan rupiah belum berdampak ke dunia usaha

Ameidyo Daud

Sabtu,  24 Agustus 2013  −  17:46 WIB

Pelemahan rupiah belum berdampak ke dunia usaha

Ilustrasi

Sindonews.com - Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Anton Supit mengatakan, pengaruh melemahnya rupiah terhadap nilai tukar dolar Amerika Serikat (USD) terhadap dunia usaha masih relatif.

Dia memberi contoh, pihaknya sebagai pengusaha sepatu tidak terlalu terpengaruh karena mayoritas bahan sepatu produksinya berasal dari bahan lokal, sehingga tidak mendapatkan tekanan dari pelemahan mata uang lokal.

"Kalau kita di sini menghasilkan sepatu karena dasarnya mengekspor penghasilan dolar, ya kita belanja dolar lagi nggak pengaruh," ujar Anton di Warung Daun, Jakarta, Sabtu (24/8/2013).

Tetapi ada juga usaha dimana mayoritas bahan bakunya diimpor, seperti tepung terigu yang menggunakan gandum impor pasti akan berpengaruh dengan selisih kurs ini.

"Katakanlah biasanya pengusaha yang lalu beli gandum impor seharga USD10 harus siapkan Rp100 ribu. Sekarang kalau saya beli lagi harus siapkan Rp110 ribu. Pengusaha kan harus kalkulasi dengan harga baru ini agar tidak kehilangan momentum," lanjutnya.

Secara keseluruhan Anton menyebut dampak kenaikan nilai tukar dolar terhadap rupiah belum terasa karena baru sekitar satu bulan ini rupiah terdepresiasi.

"Belum terasa karena baru satu sampa dua bulan ini. Tapi pasti ada (dampaknya) lah kalau dia mengimpor barangnya naik, pasti ada pengaruh," pungkas Anton.

(rna)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions