Jumat, 23 Agustus 2013

Home » Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com: Harga kedelai naik, pengusaha tempe kurangi produksi

,
Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com
// via fulltextrssfeed.com 
Make fitness a way of life

Sign up at a 24 Hour Fitness near you for a 7 day free trial. Join a class and find a community!
From our sponsors
Harga kedelai naik, pengusaha tempe kurangi produksi
Aug 23rd 2013, 06:17

Harga kedelai naik, pengusaha tempe kurangi produksi

Elis Novit

Jum'at,  23 Agustus 2013  −  13:17 WIB

Harga kedelai naik, pengusaha tempe kurangi produksi

ilustrasi/ist

Sindonews.com - Melemahnya nilai tukar rupiah mulai dirasakan masyarakat, khususnya perajin tahu dan tempe di Banjarnegera, Jawa Tengah (Jateng). Di mana harga kedelai impor yang melonjak membuat para perajin terpaksa mengurangi jumlah produksi hinga setengah kwintal dan memperkecil ukuran.

Siswandi, warga Desa Ampel Sari, Banjarnegara Jateng yang memiliki usaha pembuatan tempe, saat ini harus memutar otak akibat harga kedelai yang mahal.

Menurutnya, harga kedelai impor di Banjarnegara saat ini mencapai Rp9 ribu per kilogram (kg) atau naik dari sebelumnya yang hanya Rp8.300 per kg. Agar tidak merugi akibat terus melonjaknya harga kedelai, saat ini dia memilih mengurangi jumlah produksi tempe.

"Sebelumnya bisa menghabiskan kedelai 2 kwintal per hari, namun saat ini hanya memproduksi 1,5 kwintal tempe per hari," katanya, Jumat (23/8/2013).

Selain mengurangi jumlah produksi, para perajin juga terpaksa memperkecil ukuran tempe dari biasanya mencapai panjang 20 centimeter, kini hanya 18 centimeter.  Hal ini terpaksa dilakukan karena pedagang tidak bisa menaikan harga, hawatir di tinggal pembeli.
 
Para perajin tempe mengaku, meski ukuran di perkecil, mereka tetap belum bisa meraup untung. Hasil penjualan hanya cukup untuk biaya produksi dan membayar karyawan.

Para perajin hanya berharap nilai tukar rupiah kembali menguat sehingga harga kedelai impor di pasaran bisa kembali normal.

(izz)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions