Selasa, 21 Mei 2013

Home » KOMPAS.com - Bisnis Keuangan: Momentum Angkat Merek Lokal

,
KOMPAS.com - Bisnis Keuangan
News and Service // via fulltextrssfeed.com
Momentum Angkat Merek Lokal
May 21st 2013, 03:20

Momentum Angkat Merek Lokal

Selasa, 21 Mei 2013 | 09:42 WIB

Dibaca:

KOMPAS/HERU SRI KUMORO

Seorang remaja putri memilih pakaian produk lokal yang diproduksi terbatas di bazar pakaian di Jakarta, Minggu (28/10). Produk-produk lokal dengan desain yang terbatas dan tidak diproduksi massal memiliki pasar sendiri, khususnya anak-anak muda.

TERKAIT:

JAKARTA, KOMPAS.com -  Tingginya tingkat konsumsi rumah tangga atau swasta di Indonesia harus dilihat sebagai momentum untuk menggenjot ekonomi domestik. Salah satunya dengan membuat dan membangun industri bermerek lokal agar pasar konsumsi yang lebar tidak hanya diisi pemain global.

Hal itu mengemuka dalam pertemuan para pendiri dan CEO industri bermerek lokal pada acara "Kebangkitan Nasional Kedua, Kebangkitan Merek Indonesia", di Jakarta, Senin (20/5/2013). Acara yang diselenggarakan Indonesia Brand Forum (IBF) tersebut menjadi ajang bagi pelaku usaha untuk berbagi pengalaman dan kesadaran guna membangun usaha bermerek lokal yang kompetitif.

Direktur Program IBF Yuswohady menyampaikan, pertumbuhan ekonomi yang salah satunya didorong oleh konsumsi harus dimanfaatkan pengusaha dengan membangun industri bermerek lokal. Dalam hal ini, ujarnya, baik aspek produksi maupun konsumsi perlu mendapat perhatian seimbang.

"Pemain-pemain lokal memproduksi merek dagang di satu sisi. Di sisi lain, kita mengharapkan semacam nasionalisme konsumen menggunakan merek Indonesia," katanya.

Menurut Yuswohady, ikhtiar tersebut tidak dimengerti sebagai gerakan antiasing, tetapi untuk mendorong bertumbuh dan berkembangnya industri lokal.

Direktur Utama PT Sido Muncul Irwan Hidayat mengatakan harus ada kesadaran para pengusaha untuk mulai membuat merek sendiri. Supaya disambut konsumen, merek diberi roh, yaitu kepercayaan akan kualitas.

Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk Emirsyah Satar mengatakan, sebenarnya banyak sekali keunikan Indonesia yang bisa diangkat untuk mendongkrak merek hingga ke dunia internasional, seperti batik dan panorama wisata. Tinggal saja dikemas secara menarik. (K01)

Editor :

Erlangga Djumena

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions