Rabu, 29 Mei 2013

Home » METRO TV NEWS EKONOMI: Saratoga Targetkan Dana IPO Rp2,11 Triliun

,
METRO TV NEWS EKONOMI
Metrotvnews Indonesia News Video Portal // via fulltextrssfeed.com
Saratoga Targetkan Dana IPO Rp2,11 Triliun
May 29th 2013, 14:53

Metrotvnews.com, Jakarta: Perusahaan investasi, PT Saratoga Investama Sedaya Tbk, menargetkan dana perolehan dari penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO) sebesar Rp2,11 triliun.

Presiden Direktur Saratoga Investama Sedaya, Sandiaga Uno, mengatakan perseroan akan melepas 271 juta lembar saham atau 10% dari modal ditempatkan.

"Pemegang saham (stakeholders) membuka kesempatan bagi Saratoga Investama Sedaya menawarkan hingga 430,883 juta lembar saham," katanya di Jakarta, Rabu (29/5).

Sandiaga menuturkan dana perolehan dari penawaran umum saham perdana akan dialokasikan untuk meningkatkan nilai investasi dari portofolio.

Di sisi lain, mendana kegiatan investasi di tiga sektor utama, antara lain sumber daya alam, infrastruktur, serta, produk dan jasa konsumen.

"Dana tersebut juga akan digunakan untuk pinjaman sebesar US$8,3 juta pada kuartal ketiga tahun ini kepada Lintas Marga Sedaya, melalui PT Bhaskarata Sadaya," ungkapnya.

Dana perolehan dari penawaran umum saham perdana, kata Sandiaga, juga akan digunakan untuk melunasi utang entitas anak, PT Saratoga Sentra Business, sebesar US$50 yang jatuh tempo di Januari 2014.

Sedangkan, 15% dari total dana hasil IPO dialokasikan untuk mendanai sebagian pembelian saham tambahan PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk yang dimiliki PT Rasi Unggul Bestari.

Menurut Sandiaga, Saratoga Investama Sedaya merupakan perusahaan investasi aktif pertama yang akan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI).

"Kami bukan merupakan holding company (perusahaan induk), tapi merupakan satu-satunya perusahaan investasi yang aktif terlibat dan berkomitmen dalam menggali sektor-sektor investasi yang belum tersentuh," jelasnya.

Adapun, Saratoga Investama Sedaya menunjuk PT Indo Premier Securities, PT Deutsche Securities Indonesia dan PT UBS Securities Indonesia sebagai penjamin pelaksana emisi efek.

Sementara itu, Direktur Utama Indopremier Securities Moleonoto menuturkan harga penawaran Saratoga Investama Sedaya sebesar Rp6.100-Rp7.800 per lembar saham.

Penentuan harga berdasarkan discounted cash flow dan total aset bersih (nett aset value/NAV). Bukan menggunakan price earning ratio (PER).

"Pertimbangannya Saratoga Investama Sedaya bukan perusahaan induk, sehingga sulit menentukan berapa laba perusahaan atau kapasitas. Jadi, lebih mudah dihitung dengan metode total aset bersih," tuturnya.

Adapun, jadwal masa penawaran awal pada 28 Mei-10 Juni 2013, perkiraan tanggal efektif pada 19 Juni 2013, masa penawaran pada 20-21 Juni dan 24 Juni 2013. Sedangkan pencatatan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) di 28 Juni 2013. (Wibowo)


Editor: Asnawi Khaddaf

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions