Kamis, 30 Mei 2013

Home » Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com: Ekonom: Kenaikan harga BBM akan sehatkan anggaran

,
Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com
// via fulltextrssfeed.com
Ekonom: Kenaikan harga BBM akan sehatkan anggaran
May 30th 2013, 11:24

Ekonom: Kenaikan harga BBM akan sehatkan anggaran

Mihardi

Kamis,  30 Mei 2013  −  18:24 WIB

Ekonom: Kenaikan harga BBM akan sehatkan anggaran

ilustrasi/ist

Sindonews.com - Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi memang tidak dapat dihindari, karena subsidi yang ada selama ini dinilai salah sasaran. 

Anggaran dari subsisdi yang ada selama ini, seharusnnya bisa digunakan untuk kepentingan langsung yang menyentuh kepada masyarakat. Selain itu, kenaikan BBM akan menyehatkan APBN, karena terjadi penghematan anggaran.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Fadhil Hasan mengatakan, kenaikan BBM akan berdampak positif bagi perekonomian Indonesia. Pasalnya, opsi kenaikan harga BBM akan membuat anggaran lebih sehat jika dikaitkan dengan adanya alokasi penghematan anggaran tersebut.

Kenaikan BBM, kata dia, bisa mempercepat diversifikasi energi. "Murahnya harga BBM membuat program diversifikasi energi seperti penggunaan biogas, biodiesel dan gas terhambat karena masyarakat masih menjadikan BBM subsidi sebaga primadona," katanya, Kamis (30/5/2013).

Sementara, Koordinator BEM Jakarta Raya 2012, Roby Triwahyudi berpandangan penolakan masyarakat terhadap rencana kenaikan BBM, dikarenakan kenaikan tersebut akan membebani kehidupan mereka seperti nelayan, supir angkutan umum, dan para pengusaha home industri.

Sementara Bantuan Langsung Tunai (BLT) dinilai tidak efektif karena pada kenyataannya lebih bersifat konsumtif dan tidak terpantau penyaluran dan anggarannya.

Karena itu, lanjut Robby, pemerintah harus mencari solusi lain yang lebih efektif untuk mengatasi dampak kenaikan BBM, agar tidak menambah jumlah orang miskin.

(izz)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions