Kamis, 30 Mei 2013

Home » METRO TV NEWS EKONOMI: Takut Bersaing, Asing Usik Industri Pulp and Paper Indonesia

,
METRO TV NEWS EKONOMI
Metrotvnews Indonesia News Video Portal // via fulltextrssfeed.com
Takut Bersaing, Asing Usik Industri Pulp and Paper Indonesia
May 30th 2013, 10:55

Metrotvnews.com, Pekanbaru: Negara-negara asing, terutama yang beriklim nontropis, sangat takut bersaing dengan industri pulp and paper Indonesia, sehingga berupaya mengusik di pasar internasional dengan kampanye hitam.

Hal tersebut terangkum dalam dialog yang digelar Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Riau dengan tema Menyelamatkan Industri Perkebunan dan Kehutanan di Pasar Internasional dari Kampanye Hitam di Pekanbaru, Kamis (30/5).

Wakil Sekretaris Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI) Komisariat Daerah (Komda) Riau Abdul Gafar mengatakan Indonesia memiliki hutan tropis yang sangat mudah untuk mengembangkan hutan tanaman industri (HTI).

"Hutan tropis kita lebih baik dibandingkan nontropis yang ada di Eropa, Amerika, atau Rusia. Jadi sebenarnya mereka takut bersaing dengan Indonesia," ujarnya.

Ia menjelaskan, hutan tropis Indonesia yang subur menjadi tempat paling baik untuk mengembangkan HTI. Dalam kurun waktu lima tahun, tanaman tersebut sudah bisa panen.

"Sementara itu, di Eropa dan Amerika, panen kayu hutan industri baru bisa dipanen dalam kurun waktu 28 tahun. Itu artinya, kita sudah lima kali daur
ulang panen, mereka baru satu kali," tutur Abdul.

Kondisi inilah, tambahnya, yang membuat persaingan industri pulp and kertas di pasar internasional sangat ketat. Indonesia yang memiliki bahan baku yang berlimpah, membuat perusahaan di luar negeri khawatir. (Bagus Himawan)


Editor: Patna Budi Utami

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions