Rabu, 29 Mei 2013

Home » METRO TV NEWS EKONOMI: Indonesia Bujuk Rumania Kembangkan Bisnis Spa

,
METRO TV NEWS EKONOMI
Metrotvnews Indonesia News Video Portal // via fulltextrssfeed.com
Indonesia Bujuk Rumania Kembangkan Bisnis Spa
May 29th 2013, 01:48

Metrotvnews.com, Bukares: Indonesia menawarkan kalangan pebisnis Rumania kerja sama pengembangan spa, di samping pertanian dan peningkatan perdagangan kedua negara.

"Produk spa bisa membuat orang merasa rilek," ujar Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan Gusmardi Bustami, pada forum bisnis Indonesia-Rumania, di Bukares, Selasa (28/5) waktu setempat.

Hadir pada forum tersebut Dubes RI untuk Rumania Marianna Sutadi, Wakil Ketua Kamar Dagang Rumania, Ion Mocanu, Konsuler Kementerian Ekonomi Rumania, Ion Serban, dan pebisnis kedua negara.

Gusmardi menilai peluang produk spa masuk ke Rumania cukup besar mengingat negara itu menyukai produk-produk gaya hidup, termasuk spa dan fesyen. Selain spa, di hadapan pebisnis dan pejabat Rumania, ia juga menawarkan kerja sama pertanian, karena Rumania memiliki pengalaman dan keahlian di sektor tersebut.

"Pertanian telah memberi kontribusi yang besar bagi perekonomian Rumania. Pengalaman dan keahlian Rumania bisa dibagi ke kami," ujarnya.

Gusmardi juga mengajak pengusaha Rumania untuk berinvestasi dan meningkatkan perdagangan, karena dalam lima tahun ke depan Indonesia menjadi pasar yang menarik dengan kelas menengah yang besar.

"Harus dilihat lima tahun ke depan. Silahkan datang, akan terlihat bagaimana Indonesia sangat dinamik dan cantik," ujarnya. Ia mengatakan sampai tahun lalu nilai perdagangan kedua negara belum menunjukkan potensi yang sesungguhnya.

Nilai perdagangan RI-Rumania masih sangat kecil yaitu 172,7 juta dolar AS, yang terdiri dari ekspor Indonesia ke Rumania sebesar 106,4 juta dolar AS, dan impor dari Rumania senilai 66,3 juta dolar AS.

"Namun tren perdagangannya tetap tumbuh," kata Gusmardi. Rumania, lanjut dia, berada di urutan ke-62 sebagai mitra dagang Indonesia di bawah Kuwait. (Ant)


Editor: Irvan Sihombing

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions