Selasa, 28 Mei 2013

Home » Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com: Blok Cepu akan tingkatkan produksi minyak 2014

,
Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com
// via fulltextrssfeed.com
Blok Cepu akan tingkatkan produksi minyak 2014
May 28th 2013, 07:14

Blok Cepu akan tingkatkan produksi minyak 2014

Ameidyo Daud

Selasa,  28 Mei 2013  −  14:14 WIB

Blok Cepu akan tingkatkan produksi minyak 2014

ilustrasi/ist

Sindonews.com - Menteri Keuangan, M Chatib Basri mengatakan, minyak sebagai sumber daya alam yang tidak terbarukan sudah memasuki penurunan produksi. Di mana tingkat produksi tidak dapat ditahan, namun hanya menahan laju.

Pihaknya berharap, laju penurunan produksi tersebut dapat tergantikan dengan produksi lapangan baru, seperti Blok Cepu.

"Apabila lapangan Cepu sudah dapat beroperasi, lifting minyak Indonesia dapat menyentuh angka 1 juta barel per hari pada 2015. Kami optimis dapat mencapai angka 900 sampai 930 ribu barel per hari pada 2014," ujarnya di gedung DPR, Jakarta, Selasa (28/5/2013).

Sementara, terkait dengan asumsi target lifting minyak 2014, dia mengatakan bahwa target lifting minyak asumsinya merupakan kebijakan integral untuk menjaga ketahanan energi nasional dan pertumbuhan ekonomi. Namun, di satu sisi hal tersebut juga memiliki hambatan.

"Realisasi akhir April, baru mencapai 832 ribu barel per hari. Faktor penghambatnya antara lain permasalahan teknis, gangguan cuaca, dan terhambatnya bangun fasilitas Blok Cepu," ungkap dia.

Chatib menuturkan, untuk mengoptimalkan peningkatan produksi minyak dapat dilakukan dengan tiga cara. Pertama, melalui peningkatan koordinasi rutin antara pemerintah, Pemda dan stakeholder minyak.

"Kedua yaitu meningkatkan efisiensi operasi, optimalisasi fasilitas produksi, dan intensifikasi rutin. Dan yang ketiga adalah menjaga iklim investasi dalam investasi migas," pungkasnya.

(izz)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions