Rabu, 29 Mei 2013

Home » METRO TV NEWS EKONOMI: Kadin Minta Pemerintah Naikkan Harga BBM

,
METRO TV NEWS EKONOMI
Metrotvnews Indonesia News Video Portal // via fulltextrssfeed.com
Kadin Minta Pemerintah Naikkan Harga BBM
May 28th 2013, 20:47

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengusaha yang tergabung dalam Kamar  Dagang dan Industri (Kadin) meminta pemerintah segera menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

Pengusaha yakin dalam jangka panjang kenaikan BBM ini berdampak positif. Sebab dana alokasi subsidi dialihkan ke sektor yang lebih produktif. Selain itu anggaran negara juga lebih sehat karena beban subsidi beralih ke sektor yang mendukung dunia usaha seperti infrastruktur.

"Tidak perlu ditahan, kalau naik segera naikkan, supaya lebih pasti," ujar Ketua Koordinator Energi dan Industri Kadin Indonesia, Achmad Widjaja, Selasa (28/5).

Memang, dalam jangka pendek, akan ada sedikit kejutan misal kenaikan harga sejumlah barang. Toh, pengusaha sudah menghitung bahwa penaikan BBM tidak akan terlalu membebani perusahaan dan konsumen.

Menurut Achmad, para pengusaha sudah memperhitungkan persentase kenaikan harga barang paska kenaikan harga BBM. "Prediksi kami memang akan ada kenaikan harga 8 persen," ucapnya.

Pengusaha meminta pemerintah tidak perlu menunda-nunda penaikan harga BBM. Alhasil, dengan lebih pasti, dunia usaha juga bisa menyusun strategi supaya bisnis tidak terganggu.

Kadin juga yakin opsi penaikan harga BBM paling efektif karena mampu menyelamatkan APBN dari subsidi bahan bakar yang sangat memberatkan keuangan negara. Kemudian, paling minim risiko dan kendala jika dibandingkan dengan memakai opsi pembatasan konsumsi untuk kendaraan pribadi.

"Pengusaha sudah siap dengan kenaikan harga BBM, kami menunggu ketegasan dari pemerintah saja," ujar Achmad.

Bagi Kadin, penyaluran BBM subsidi selama ini sudah salah sasaran karena lebih banyak dinikmati oleh masyarakat mampu dibandingkan dengan masyarakat miskin.


Editor: Agus Tri Wibowo

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions