Kamis, 30 Mei 2013

Home » METRO TV NEWS EKONOMI: Indonesia Butuh Banyak Akuntan

,
METRO TV NEWS EKONOMI
Metrotvnews Indonesia News Video Portal // via fulltextrssfeed.com
Indonesia Butuh Banyak Akuntan
May 30th 2013, 10:55

Metrotvnews.com, Jakarta: The Association of Chartered Certified Accountants (ACCA) yang merupakan badan internasional untuk akuntan profesional menyebut bahwa Indonesia masih banyak membutuhkan profesi akuntan untuk menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Pasalnya, dari total penduduk Indonesia yang mencapai 230 juta lebih, profesi akuntan hanya mencapai 10.000.

Demikian informasi itu disampaikan Head of ACCA Indonesia Mulyadi Setiakusuma ketika dijumpai dalam acara peresmian kantor perwakilan baru di Jakarta, Kamis (30/5). Mulyadi mengatakan bahwa untuk negara sebesar Indonesia, dibutuhkan minimal sebanyak 200.000 profesi akuntan publik untuk membawa manfaat bagi perekonomian Indonesia.

"Idealnya itu ya sekitar 200.000, itu berarti hanya 0,1% dari total penduduk Indonesia. Tentu angka tersebut sudah menjadi rasio minimum," ujar Mulayadi ketika dimintai konfirmasi.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan bahwa saat ini jumlah penduduk Indonesia yang sudah lebih dari 230 juta jiwa hanya memiliki akuntan sebanyak 10.000. Ia pun membandingkan dengan negara tetangga Australia yang hanya berpenduduk sekitar 20 juta jiwa namun telah memiliki akuntan publik sebanyak 140.000.

Oleh sebab itu, tujuan utama peluncuran kantor perwakilan di Indonesia ini adalah untuk menciptakan lebih banyak profesi akuntan yang bertujuan untuk mendukung Indonesia dalam mengembangkan para akuntan berkualitas untuk mendukung kemajuan perekonomian.

"ACCA juga berkomitmen untuk membangun kapasitas profesi akuntansi di Indonesia untuk membawa manfaat bagi perekonomian. Peluncuran kantor ini akan mendukung visi dan memungkinkan kita untuk mendorong keterlibatan lebih dekat dengan siswa lokal dan anggota profesi akuntan di Indonesia," sambungnya.


Editor: Edwin Tirani

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions