Jumat, 31 Mei 2013

Home » METRO TV NEWS EKONOMI: Nilai Industri Keuangan Islam Dunia US$1.631 Triliun

,
METRO TV NEWS EKONOMI
Metrotvnews Indonesia News Video Portal // via fulltextrssfeed.com
Nilai Industri Keuangan Islam Dunia US$1.631 Triliun
May 30th 2013, 18:55

Metrotvnews.com, Jakarta: Nilai industri keuangan Islam secara global terus meroket. Ini menunjukkan masyarakat dunia semakin menggemari.

Seperti yang disampaikan Gubernur BI Agus Martowardojo pada konferensi pers di Nusa Dua, Bali, Kamis (30/5), bahwa keuangan Islam tidak hanya diminati masyarakat muslim, tapi seluruh pihak.

Dalam keterangan malam ini, Global Islamic Finance Report (GIFR) melaporkan bahwa nilai industri keuangan Islam di seluruh dunia telah mencapai US$1.631 triliun pada 2012.

"Angka tersebut mengalami lonjakan dibandingkan pada 2011 yang sebesar US$1.357 triliun dan 2010 senilai US$1.139 triliun," ujar Humayon A Dar dari GIFR, di Nusa Dua, Kamis (30/5).

Soal negara yang memiliki indeks keuangan Islam terbesar, Humayon memaparkan bahwa posisi Indonesia pada 2013 kini berada di urutan kelima setelah Iran, Malaysia, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab. Setelah Indonesia, ada Bahrain dan Kuwait.

Posisi Indonesia tersebut mengalami kenaikan dibandingkan 2012 yang menduduki posisi ketujuh setelah Iran, Malaysia, Arab Saudi, Kuwait, Uni Emirat Arab, dam Bahrain.

Namun sejatinya urutan Indonesia lebih baik pada 2011 yakni keempat setelah Iran, Malaysia, dan Arab Saudi. Sehabis Indonesia menyusul Uni Emirat Arab, Kuwait, dan Pakistan.

GIFR menyusun indeks negara yang memiliki keuangan Islam dari berbagai faktor seperti populasi Muslim, jumlah bank Islam, penjualan sukuk, hukum, dan regulasi yang mendukung, serta budaya dan pendidikan. (Wisnu Arto Subari)


Editor: Asnawi Khaddaf

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions