Kamis, 30 Mei 2013

Home » Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com: Fuad: Pajak turun akibat revisi pertumbuhan ekonomi

,
Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com
// via fulltextrssfeed.com
Fuad: Pajak turun akibat revisi pertumbuhan ekonomi
May 30th 2013, 09:32

Fuad: Pajak turun akibat revisi pertumbuhan ekonomi

Ameidyo Daud

Kamis,  30 Mei 2013  −  16:32 WIB

Sindonews.com - Dirjen Pajak, Fuad Rahmany mengatakan, turunnya target penerimaan perpajakan dari Rp1.627,1 triliun menjadi Rp1.517.9 triliun dalam RAPBN-P, karena adanya revisi pertumbuhan ekonomi dari 6,8 persen sampai 6,2 persen.

"Intinya pertumbuhan turun dari 6,8 persen turun ke 6,2 persen. Kok pajaknya turun besar, sekitar Rp53,6 triliun. Jawabannya pertumbuhan yang turun itu berpengaruh kepada ekspor oriented," ujarnya di gedung DPR, Jakarta, Kamis (30/5/2013).

Dia mencontohkan ada perusahaan yang dulunya dapat membayar pajak sebesar Rp17 triliun, namun saat ini hanya membayar Rp5 triliun sampai Rp7 triliun.

"Ada perusahaan yang dulu mampu membayar Rp17 triliun. Sekarang hanya bisa Rp5 triliun atau Rp7 triliun. Tren nilai ekspor jelas turun. Penyebabnya dari migas, batubara, dan mesin. Penerimaan pajak dari pengolahan yang berorientasi ekspor juga turun," paparnya.

Meski demikian, lanjut dia, ada beberapa sektor yang tumbuh untuk menutup lemahnya angka-angka tersebut. "Tapi ada sektor perpajakan tumbuh seperti retail, tambang, perbankan, properti. Jadi menutup yang tadi," pungkas Fuad.

(izz)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions