Kamis, 30 Mei 2013

Home » Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com: Kepercayaan bisnis di zona euro kembali bangkit

,
Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com
// via fulltextrssfeed.com
Kepercayaan bisnis di zona euro kembali bangkit
May 30th 2013, 10:22

Kepercayaan bisnis di zona euro kembali bangkit

Kamis,  30 Mei 2013  −  17:22 WIB

Kepercayaan bisnis di zona euro kembali bangkit

Ilustrasi/Foto: Istimewa

Sindonews.com - Kepercayaan konsumen dan bisnis di 17 negara zona euro kembali bangkit pada Mei 2013, setelah mengalami penurunan tajam pada April.

Dilansir dari Straits Times, Kamis (30/5/2013), survei yang dilakukan Komisi Eropa menunjukkan, usaha gabungan dan indeks kepercayaan konsumen naik 0,8 poin pada Mei, menjadi 89,4 setelah jatuh 1,5 poin pada bulan sebelumnya.

Komisi mengatakan, peningkatan berbasis luas di semua sektor pembangunan. Untuk 27 negara anggota Uni Eropa, indeks naik 1,1 poin menjadi 90,8, setelah turun 1,8 poin pada April.

Khusus di zona euro, keyakinan di sektor industri naik 0,8 poin pada Mei, setelah layanan rebound kuat 1,8 poin. Namun, sektor konstruksi anjlok tajam 2,0 poin. Sementara kepercayaan konsumen menambah lebih sederhana 0,4 poin, dibasahi tingkat pengangguran yang terus tinggi.

Berdasarkan negara, pembacaan kepercayaan naik 1,8 poin ditebus Portugal, diikuti Italia 1,5 poin, Prancis 0,9 poin dan Jerman 0,6 poin.

Howard Archer, analis dari IHS Global mengatakan, laporan Mei bersama data lain menunjukkan, arah stabilisasi kuartal kedua dalam perekonomian. "Namun, sentimen masih cukup diredam dan rapuh, dan situasi antar negara sangat bervariasi," ujar Archer.

"Jika zona euro akhirnya tidak berhasil menghentikan kontraksi secara keseluruhan pada kuartal kedua, kemungkinan akan sangat bergantung pada pertumbuhan yang jelas di Jerman," tambahnya.

(dmd)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions