Jumat, 31 Mei 2013

Home » Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com: Dahlan tawarkan tiga sektor bisnis BUMN ke Filipina

,
Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com
// via fulltextrssfeed.com
Dahlan tawarkan tiga sektor bisnis BUMN ke Filipina
May 31st 2013, 12:57

Dahlan tawarkan tiga sektor bisnis BUMN ke Filipina

Heru Febrianto

Jum'at,  31 Mei 2013  −  19:57 WIB

Dahlan tawarkan tiga sektor bisnis BUMN ke Filipina

Menteri BUMN, Dahlan Iskan/Foto: Ist

Sindonews.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan menawarkan tiga sektor usaha yang dikelola oleh perusahaan BUMN, yaitu perusahaan dirgantara, perusahaan kelapa sawit dan perbankan syariah kepada Filipina.

Dia mengaku telah bertemu dengan Presiden Filipina untuk menawarkan pengadaan pesawat buatan PT Dirgantara Indonesia. Dia berharap ada 12 pesawat yang bisa dijual ke negara tersebut. Jenis-jenis pesawat buatan PT DI yang ditawarkan seperti 212, 235, dan 295.

Pihaknya berharap perusahaan BUMN melakukan kerja sama untuk mengembangkan perkebunan kelapa sawit. Filipina menilai industri kelapa sawit di Indonesia sudah lebih unggul dibanding Filipina.

"Filipina juga minta Indonesia masuk ke kelapa sawit mengembangkan perkebunan sawit di sana. Rencananya pada tahap awal menyediakan lahan 20 ribu hektare," kata Dahlan di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (31/5/2013).

Dahlan menjelaskan, nantinya BUMN Perkebunan, yakni PT Perkebunan Nusantara (PTPN) akan bekerja sama dengan pemerintah Filipina. Pasalnya, Filipina melihat perkebunan sawit Indonesia lebih besar dari Malaysia dan sudah menggunakan teknologi modern.

"Kita punya teknologi modern di mana kelapa sawit bisa panen dalam waktu 2,5 tahun. Mereka kaget, karena biasanya kelapa sawit panen setiap 10 tahun sekali," ungkapnya.

Sedangkan sektor ketiga yaitu lini usaha perbankan syariah. Perbankan BUMN akan bekerja sama dengan bank Filipina untuk mengembangkan metode perbankan syariah. Potensi penduduk Filipina yang beragama Islam sangat besar di wilayah selatan.

"Saat ini pertumbuhan ekonomi Filipina tumbuh sangat siginifikan, bahkan melebihi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Saya agak terkejut, pada kuartal pertama pertumbuhan ekonomi Filipina mencapai 7,8 persen, lebih tinggi dari kita," pungkas Dahlan.

(izz)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions