Minggu, 28 Juli 2013

Home » Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com: JMI keberatan harga tanah terlalu tinggi

,
Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com
// via fulltextrssfeed.com 
JMI keberatan harga tanah terlalu tinggi
Jul 28th 2013, 07:56

JMI keberatan harga tanah terlalu tinggi

Sodik

Minggu,  28 Juli 2013  −  14:56 WIB

JMI keberatan harga tanah terlalu tinggi

ilustrasi/ist

Sindonews.com - Negosiasi pembebasan lahan antara PT Jogja Magasa Iron (JMI) dengan warga Desa Karangwuni, Wates, Kulonprogo berakhir buntu.

PT JMI menilai penawaran harga tanah Rp170 ribu per meter persegi yang disampaikan warga terlalu tinggi. Angka itu di atas kesanggupan perusahaan.

Sumardi, negosiastor dari 200-an warga Dusun I-IV Karangwuni mengatakan, perusahaan pemegang kontrak karya tidak sepakat dengan harga yang ditawarkan warga. Perusahaan menginginkan harga Rp50 ribu untuk setiap meter persegi lahan, sedangkan warga menawaarkan Rp1705ribu.

"Pembahasan harga tanah berakhir deadlock. Warga sepakat pada harga Rp175 ribu per meter, tapi JMI hanya Rp50 ribu. Saya masih memprediksi warga bisa turun tapi angka berapa tidak bisa kami jawab. Itu tergantung masyarakat karena kami hanya penyampai aspirasi," kata Sumardi, Minggu (28/7/2013).

Menurutnya, meski berakhir buntu namun proses negosiasi masih akan terus dilanjutkan. Rencananya, negosiasi lanjutan dilakukan pada Selasa (30/7/2013). Warga menyampaikan 13 tuntutan dalam negosiasi tersebut. Namun JMI tidak menyanggupi tuntutan pemberian kompensasi sebesar Rp1.750 per meter per bulan bagi sekitar 550 KK dari wilayah Dusun I-V, Karangwuni.

Tuntutan ini sebagai kompensasi selama masa transisi. Apalagi, pembangunan konstruksi diperkirakan butuh waktu 3-5 tahun. "Kompensasi yang diajukan selama masa transisi tidak disepakati. Perusahaan tidak bisa memberikan nominal tapi akan memberi dalam bentuk program pemberdayaan masyarakat. Dalam poin ini masyarakat bisa menerima," jelasnya.

Tuntutan lain yang disampaikan warga adalah jaminan menjadi karyawan PT JMI, jaminan kesehatan dan pendidikan gratis, pemberdayaan masyarakat dengan pembentukan UMKM oleh perusahaan disertai pendampingan.

Setelah seluruh tuntutan disepakati tertuang dalam MoU, warga meminta setiap petani penggarap memegang dokumen MoU sebagai tanda bukti kehilangan lahan.

Dokumen yang akan diberikan kepada para petani penggarap juga harus disahkan semua pihak secara hukum. Di samping itu, warga juga menuntut agar pengembalian lahan diprioritaskan kepada petani penggarap semula. Walaupun dalam teknisnya akan ditata Pura Pakualaman.

(izz)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions