Senin, 29 Juli 2013

Home » Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com: Wamendag: Industri kabel siap hadapi AEC 2015

,
Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com
// via fulltextrssfeed.com 
Wamendag: Industri kabel siap hadapi AEC 2015
Jul 29th 2013, 10:11

Wamendag: Industri kabel siap hadapi AEC 2015

Maggie Quesada Sukiwan

Senin,  29 Juli 2013  −  17:11 WIB

Wamendag: Industri kabel siap hadapi AEC 2015

Ilustrasi/Ist

Sindonews.com - Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamurthi menyatakan bahwa salah satu industri yang sangat siap menghadapi ASEAN Economic Community (AEC) 2015 adalah industri kabel.

"Dari data yang ada, 19 perusahaan yang memproduksi kabel, baterai, saklar, audio video, dan sebagainya di lima provinsi (Sumatera Utara, Jawa Timur, Jawa Tengah, Batam, serta Jakarta-Bekasi-Tangerang) seluruhnya menyatakan siap menghadapi pasar tunggal ASEAN," jelas Bayu dalam diskusi kesiapan para pelaku usaha peralatan listik dan elektronika menghadapi AEC 2015, Jakarta, Senin (29/7/2013).

Dari segi standar produk, kata dia, industri peralatan listrik dan elektronika (electrical and electronic/EE) dalam negeri bahkan sudah melampaui ratifikasi AEC 2015.

Meskipun begitu, total impor industri EE tahun 2012 mencapai USD10 miliar. Bayu menjelaskan fenomena tersebut disebabkan oleh produksi dalam negeri EE yang belum mencukupi kebutuhan sehingga butuh pasokan dari luar negeri.

"Total impor tahun 2012 adalah USD10 miliar karena kebutuhan dalam negeri tinggi. Kalau seperti generator kan kita belum bisa buat. Sedangkan ekspor (2012) hanya USD7,1 miliar," jelasnya.

Perihal pertumbuhan daya saing industri EE, Bayu menginformasikan bahwa pihaknya akan mendorong perusahaan-perusahaan untuk berekspansi, memfasilitasinya, serta mengundang pemain baru. "Karena pasar di Indonesia sangat besar. Kita akan dorong terus," pungkasnya.

(gpr)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions