Rabu, 31 Juli 2013

Home » Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com: Bandara Adisutjipto tambah jam operasional

,
Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com
// via fulltextrssfeed.com 
Bandara Adisutjipto tambah jam operasional
Jul 31st 2013, 13:08

Bandara Adisutjipto tambah jam operasional

Priyo Setyawan

Rabu,  31 Juli 2013  −  20:08 WIB

Bandara Adisutjipto tambah jam operasional

ilustrasi/ist

Sindonews.com - Aktivitas penerbangan di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta pada arus mudik dan balik Lebaran tahun ini dipastikan bertambah.

Kepastian ini, setelah ada 123 extra flight (tambahan penerbangan) dari lima airline. Dengan adanya extra flight tersebut, PT Angkasa Pura (AP) 1 Yogyakarta berencana akan menambah waktu operasional hingga dua jam. Yaitu sebelumnya dari pukul 06.00-21.00 menjadi pukul 06.00-23.00.

General Manager (GM) AP Yogyakarta, Agus Adrianto mengatakan, untuk penambahan jam operasional tersebut sudah melakukan koordinasi dengan TNI AU yang memiliki otoritas untuk pengaturan penerbangan di Bandara Internasional Adisutjipto. 

Namun, untuk penambahan waktu opersional ini tetap melihat situasi dan kondisi saat itu. "Extra flight tersebut akan berlaku mulai 1-18 Agustus. Lima airline yang akan menambah jadwal penerbangan, yaitu Garuda, Citilink, Merpati, Lion Air, dan Expressair," kata Agus, Rabu (31/7/2013).

Menurutnya, penambahan waktu operasional ini, juga untuk mengantisipasi kemungkinan masih adanya maskapai penerbangan yang akan mengajukan izin tambahan baru lagi. Sebab, dari hasil koordinasi dengan TNI AU, untuk tambahan penerbangan masih dapat dilakukan. 

Saat ini sesuai jadwal reguler, ada 124 kali penerbangan per hari di Bandara Adisutjipto. Rata-rata penumpang yang datang dan berangkat 9 ribu orang. "Dengan penambahan jadwal penerbangan tersebut, diprediksi akan ada kenaikan jumlah penumpang hingga 11 ribu orang atau naik 13 persen," terangnya.

Selain itu, sebagai antisipasi meningkatkan penerbangan, juga akan memaksimalkan fasilitas yang ada, baik yang ada di area bandara maupun luar bandara. Di antaranya dengan menambah kapasitas ruang tunggu, baik yang permanen maupun dengan tenda-tenda untuk penumpang serta pemanfaatan pintu masuk ke AAU sebagai alternatif gerbang tambahan bila gerbang utama mengalami kemacetan.

(izz)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions