Senin, 29 Juli 2013

Home » Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com: Eropa-China sepakat bicarakan sengketa anggur

,
Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com
// via fulltextrssfeed.com 
Eropa-China sepakat bicarakan sengketa anggur
Jul 29th 2013, 11:19

Eropa-China sepakat bicarakan sengketa anggur

Senin,  29 Juli 2013  −  18:19 WIB

Eropa-China sepakat bicarakan sengketa anggur

Ilustrasi/Foto: Istimewa

Sindonews.com - Kepala Perdagangan Uni Eropa mengemukakan, China dan Uni Eropa telah sepakat membuka 'jendela diskusi' dalam menyelesaikan sengketa produk anggur.

Perjanjian ini merupakan bagian dari kesepakatan yang diumumkan pada akhir pekan untuk meredakan sengketa panel surya China di Eropa, yang berbuntut konflik besar perdagangan antara kedua ekonomi terbesar di dunia itu.

Menanggapi rencana awal Uni Eropa untuk memaksakan hukuman pada panel surya, China melakukan penyelidikan anti-dumping terhadap penjualan anggur Eropa, yang menjadi pembalasan bagi eksportir Perancis, Spanyol dan Italia.

"Ada jendela untuk diskusi antara Uni Eropa dan produsen (anggur) China. Pemerintah China telah berjanji untuk memfasilitasi diskusi tersebut," kata Komisioner Perdagangan Uni Eropa, Karel De Gucht, seperti dilansir dari AFP, Senin (29/7/2013).

Diplomat Uni Eropa dan China mengharapkan sengketa anggur, serta konflik ekspor lain Uni Eropa, polysilicon - bahan baku untuk panel surya - dihapus sebagai sikap niat baik.

China sendiri merupakan importir anggur Bordeaux terbesar di dunia dan konsumsi mereka melonjak hingga 110 persen pada 2011.

Kementerian Perdagangan Perdagangan China belum mengkonfirmasi apapun untuk membekukan penyelidikan anggur Uni Eropa. Seorang pengacara yang mewakili Asosiasi Industri China (yang mengajukan keluhan anggur) mengatakan, perusahaan belum menerima pemberitahuan apapun pada pembekuan kasus di atas.

"Penyelidikan terkait masih berlangsung secara teratur," kata Yao Fengwen, seorang pengacara dari Bo Heng (Beijing B & H Associates).

(dmd)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions