Rabu, 23 Juli 2014

Home » Tempo.co News Site: Bulog Impor Beras 50 Ribu Ton

,
Tempo.co News Site
daily news from tempo.co 
#1 Helpdesk Software

Award-winning helpdesk system with an inbuilt KBase, forums, canned responses & more. Try super user friendly Freshdesk today. (In 2 minutes, You'll set it up!)
From our sponsors
Bulog Impor Beras 50 Ribu Ton
Jul 22nd 2014, 22:27

Berita Terkait

TEMPO.CO , Jakarta:Perum Bulog segera merealisasikan impor beras sebayak 50 ribu ton. Menurut Direktur Utama Bulog, Sutarto Alimoeso, impor sudah diputuskan dalam rapat di Kementerian Perekonomian awal bulan ini.

Beras akan didatangkan dari Vietnam. "Beras masuk sekitar Juli hingga Agustus," kata Sutarto dalam pesan singkat kepada Tempo, Selasa, 22 Juli 2014.

Impor dilakukan untuk menjaga kestabilan pasokan beras di dalam negeri. Apalagi produksi gabah turun berdasarkan angka ramalan yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

BPS menyatakan produksi beras akan mencapai 69,87 juta ton atau turun 1,98 persen dibandingkan tahun lalu sebanyak 71,28 juta ton. Perkiraan produksi ini lebih rendah 4,48 persen dibandingkan target produksi pemerintah sebesar 73 juta ton. Angka ramalan I diperoleh dari perhitungan produksi riil selama Januari-April ditambah dengan angka perkiraan Mei-Desember 2014. (baca juga : El Nino, Impor Beras Dicicil Sejak Tahun Ini)

Selain produksi yang diramalkan menurun, pengadaan beras Bulog di dalam negeri lebih rendah dibadingkan tahun lalu. Data Bulog menyebutkan, pengadaan beras hingga 18 Juli mencapai 1,86 juta ton, lebih rendah dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebanyak 2,42 juta ton.

Namun Sutarto mengatakan serapan ini sudah cukup besar mengingat produksi beras tahun ini diramalkan turun. "Harga gabah dan beras pun jauh di atas harga pembelian pemerintah (HPP)," ujarnya. (baca juga : Bulog Ingatkan Pemerintah Tak Telat Impor Beras)

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi sebelumya mengatakan pemerintah telah menugaskan Bulog untuk melakukan impor beras. "Impor itu termasuk premium dan medium karena kelas menengah sudah beralih dari beras medium ke premium," ujarnya saat berkunjung ke Hipermarket Carrefour Cempaka Putih, Senin, 21 Juli 2014.

Namun, Lutfi enggan membeberkan volume, waktu, dan harga beras impor. Menurut dia hal tersebut harus tetap menjadi hak pemerintah untuk mengontrol. "Kami janji ini akan berlangsung baik dan bisa dijaga."

AYU PRIMA SANDI

Berita Terpopuler

Saran Ahok Buat Jokowi Usai Pengumuman Pilpres
Begini Kantor Jokowi Sebelum Pengumuman Pilpres

Kekejaman Politikus Cantik Israel pada Rakyat Gaza

Pengumuman Pilpres, Jalan Imam Bonjol Ditutup

Jenderal Budiman Kerap Tak Seirama dengan Panglima

Kasus Obor Rakyat Dibawa ke Ranah Pidana

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions