Kamis, 31 Juli 2014

Home » Sindikasi economy.okezone.com: Alasan Jonan Tak Mau Pesan Kereta di INKA

,
Sindikasi economy.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal Economy 
Explore DIRECTV

Enjoy HD DVR service in every room. Get every game every Sunday. Watch hit movies and shows anywhere. Bundle and save today!
From our sponsors
Alasan Jonan Tak Mau Pesan Kereta di INKA
Jul 31st 2014, 06:37

Kamis, 31 Juli 2014 13:37 wib | Petrus Paulus Lelyemin - Okezone

Ilustrasi KRL. (Foto: Okezone)Ilustrasi KRL. (Foto: Okezone) JAKARTA - Beberapa aksi korporasi PT Kereta Api Indonesia (KAI)  kerap menjadi bahan evaluasi banyak kalangan. Salah satu aksi korporasi yang menuai banyak kritik adalah keputusan manajemen pihak KAI membeli KRL bekas dari Jepang.
 
PT KAI dianggap tidak memaksimalkan perusahaan milik negara yang selama ini ikut memproduksi kereta api di dalam negeri yakni, PT Industri Kereta Api (INKA).
 
Direktur Utama PT. KAI Jonan Ignasius dalam sebuah kesempatan menyatakan pilihan PT KAI membeli KRL dari Jepang dilakukan karena memang INKA sendiri sebagai pabrik kereta dalam negeri belum mampu memproduksi KRL.
 
"Kenapa enggak (KRL) baru dari INKA? Memang tahu INKA bisa bikin KRL? Ini persoalannya. Apa INKA bisa buat KRL, jawaban saya tidak," tutur Jonan dalam CEO Class di Kampus Binus, Jakarta.
 
Menurut dia, INKA sebagai tulang punggu dunia perkeretaapian nasional harus dibantu pemerintah secara serius. Menurut dia, perusahaan yang telah berdiri sejak 1979 itu sudah tertinggal jauh dari perusahaan sejenis di negara lain yang berumur jauh lebih muda.
 
"INKA itu kenapa tidak bisa berkembang, bukan soal tupoksi (tugas pokok dan fungsi). Ini juga soal kepemimpinan. Tanyakan saja kepada Menteri Ristek atau Menteri BUMN apa masalahnya," katanya.
 
Jonan menegaskan, jika pemerintah serius membantu pengembangan perusahaan tersebut, dunia perkeretaapian nasional akan bergerak lebih agresif lagi seperti halnya perkembangan perkeretaapian di berbagai negara maju.
 
"Seperti di Korea, kenapa bisa maju melewati INKA yang sudah lama berdiri, karena pemerintahnya benar-benar serius mendorong pengembangannya," tukasnya. (mrt)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions