Kamis, 31 Juli 2014

Home » Sindikasi economy.okezone.com: "Hadapi MEA, Kita Harus Berpikir Menang Bukan Kalah

,
Sindikasi economy.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal Economy 
Explore DIRECTV

Enjoy HD DVR service in every room. Get every game every Sunday. Watch hit movies and shows anywhere. Bundle and save today!
From our sponsors
"Hadapi MEA, Kita Harus Berpikir Menang Bukan Kalah
Jul 31st 2014, 08:49

Kamis, 31 Juli 2014 15:49 wib | Petrus Paulus Lelyemin - Okezone

Menteri Keuangan M Chatib Basri. (Foto: Okezone)Menteri Keuangan M Chatib Basri. (Foto: Okezone) JAKARTA – Penerapan pasar bebas ASEAN atau yang lebih dikenal dengan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) semakin dekat. Berbagai keraguan dari beberapa kalangan terus menghadirkan perdebatan terkait persiapan pemerintah menghadapi pasar bebas tersebut.
 
Menteri Keuangan Chatib Basri mengungkapkan, dalam menghadapi MEA, seluruh elemen bangsa perlu menanamkan kepercayaan diri yang besar dan menghilangkan seluruh keraguan terkait kesiapan dan kesanggupan Indonesia memasuki era baru itu.
 
"Jadi, ini yang saya bilang kalau dari awal kita berpikir kalah, ya kita kalah. tapi kalau kita berpikir bisa menang kita akan bisa," tutur Chatib kepada Okezone ketika ditemui beberapa waktu.
 
Dirinya mencontohkan, dari sisi ketenagakerjaan, penyerapan tenaga kerja Indonesia di berbagai negara lain di ASEAN akan menjadi salah satu kekuatan menghadapi persaingan di tingkat regional nanti.
 
"Kamu ngebayangin enggak orang-orang Singapura kerja jalan tol di sini? Enggak kan. Orang Indonesia kerja di Singapura, lapangan kerjanya diambil. Kalau dibuka, yang unskilled lebih takut mereka dibanding kita," terangnya.
 
Chatib berpendapat, Indonesia harus sadar akan menjadi salah satu pemain besar di pasar regional. Untuk itu, pemerintah tidak bisa terus menerus mengandalkan ketahanan sendiri dan mengesampingkan negeri lain di kawasan.
 
"Kita itu tidak mungkin terus-menerus mengandalkan diri hanya pada self sufficiency untuk semua hal, semua barang, karena penduduknya terlalu besar. Ada bagian yang memang kita bisa self sufficient, tapi ada juga yang mungkin kita tidak bisa self sufficient," pungkasnya.
(mrt)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions