Rabu, 30 Juli 2014

Home » Metrotvnews.com Syndication: Besok, Jamaah Aboge Probolinggo Rayakan Idul Fitri

,
Metrotvnews.com Syndication
Indonesian News Video Portal 
Looking for a Helpdesk?

Try Freshdesk - the preferred Helpdesk system of over 20000 businesses. So easy, sets up in two minutes!
From our sponsors
Besok, Jamaah Aboge Probolinggo Rayakan Idul Fitri
Jul 29th 2014, 15:27

Rudi Uihaq - 29 Juli 2014 22:27 wib
Jamaah Aboge (Alif Rebo Wage) mengumandangkan takbir di Langgar (Mushalah) Al-Barokah di Desa Leces, Kecamatan Leces, Probolinggo, Jatim, Selasa (29/7). Foto-Antara/Adhitya Hendra

Jamaah Aboge (Alif Rebo Wage) mengumandangkan takbir di Langgar (Mushalah) Al-Barokah di Desa Leces, Kecamatan Leces, Probolinggo, Jatim, Selasa (29/7). Foto-Antara/Adhitya Hendra

TOPIK TERKAIT

Metrotvnews.com, Probolinggo: Jamaah Aboge (Alif Rebo Wage) di Probolinggo, baru akan menyambut Idul Fitri 1435 H besok, yang jatuh pada Rabu (30/7/2014).

Penetapan tersebut lantaran pedoman yang digunakan jamaah Aboge di Desa Sumber Wuluh, Kecamatan Leces, probolinggo Jawa Timur ini, berdasarkan hitungan Hijriyah, yang diatur dalam kitab Mujarobah, dan dipadukan primbon jawa kuno.

Untuk tahun ini, perhitungan penetapan lebaran bagi jamaah Aboge, adalah wal jiru, atau satu Syawal, jatuh pada hari yang luru atau tanggal kedua dari bulan Hijriyah. Sehingga lebaran jamaah Aboge jatuh pada hari Rabu.

Meski mayoritas umat Islam, lain sudah berlebaran, namun jamaah Aboge tidak merasa terlambat atau iri, karena mereka meyakini perhitungan penetapan Idul Fitri yang dipakai jamaahnya adalah benar.

Dari data yang dihimpun, di desa Sumber Wuluh, terdapat 500 KK jamaah Aboge, yang tersebar di tiga dusun.

(Alb)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions