Kamis, 31 Juli 2014

Home » Berita Harian Bisnis, Ekonomi, Pasar Modal Dan Perbankan Indonesia: Kenaikan Terbesar Penumpang Terjadi di Bandara Sepinggan

,
Berita Harian Bisnis, Ekonomi, Pasar Modal Dan Perbankan Indonesia
Berita Bisnis Liputan6.com menyajikan kabar berita terkini dunia bisnis dan investasi, ekonomi, pasar modal hingga perbankan Indonesia 
46% Will Die Broke!

Are You a Baby Boomer? 46% will die broke. Don't become a statistic! Get your FREE "Retirement Kit" Today AVOID this unfortunate fate. Instant download available!
From our sponsors
Kenaikan Terbesar Penumpang Terjadi di Bandara Sepinggan
Jul 31st 2014, 10:21, by Ilyas Istianur Praditya

Pembangunan Bandara Kulonprogo, Yogyakarta masih menunggu keputusan Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Liputan6.com, Jakarta - Jumlah penumpang domestik mengalami kenaikan di sejumlah bandar udara. Hingga Kamis, 31 Juli 2014 pkl 04.40 WIB, sebanyak 32 bandara telah menyampaikan laporannya kepada Posko Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2014 Direktorat Jenderal Perhubungan Udara yang ada di Gedung Cipta, Lantai 7, Kementerian Perhubungan.

"Peningkatan jumlah penumpang domestik telah terjadi di beberapa bandara seperti di Balikpapan, Pangkal Pinang, Pontianak, Batam, Banjarmasin, Ternate, dan Palu," ujar Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan J.A. Barata, Kamis (31/7/2014).

Peningkatan jumlah penumpang domestik tertinggi terjadi di Bandar Udara Sepinggan, Balikpapan. "Di Bandar Udara Sepinggan Balikpapan, peningkatan jumlah penumpang domestik sampai dengan H+1 kemarin prosentase jumlah penumpang mencapai 21,30 %," tambah Barata.

Disampaikan jumlah penumpang datang di Bandar Udara Sepinggan, Balikpapan sebanyak 9.371 penumpang sedangkan untuk penumpang yang berangkat mencapai 11.106 penumpang. "Angka ini meningkat dibandingkan dengan tahun 2013 pada periode yang sama", kata Barata.  

Akan tetapi dari 32 bandar udara yang dipantau tidak sedikit pula bandar udara yang mengalami penurunan jumlah penumpang.
"Bandar Udara Ngurah Rai, Denpasar menjadi salah satu Bandar udara yang mengalami penurunan jumlah penumpang domestik terendah dengan prosentase minus 39,67%," kata Barata.

Hasil pemantauan dan pencatatan sementara Posko Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2014 Direktorat Jenderal Perhubungan Udara pada H+1 terdapat rata-rata penurunan jumlah penumpang domestik sebesar (-) 7,61% dibandingkan periode yang sama pada Lebaran Tahun 2013.  

Selain penumpang domestik peningkatan jumlah penumpang juga terjadi pada penumpang untuk rute internasional. "Dari 7 bandar udara yang dipantau pada posisi H+1 peningkatan Jumlah penumpang internasional terjadi di Bandar Udara Kualanamu di Medan", kata Barata.

Peningkatan jumlah penumpang dengan rute luar negeri ini mencapai 25,90%. ‎ Direktorat Jenderal Perhubungan Udara selama musim Angkutan Lebaran mulai tanggal 21 Juli 2014 s.d. 5 Juli 2014 melakukan pemantauan terhadap 32 bandar udara dengan 7 bandar udara yang dipantau merupakan Bandar udara internasional.

Hal ini dilakukan untuk memantau baik pergerakan penumpang, pesawat, sekaligus antisipasi kemungkinan kejadian-kejadian selama selama musim Angkutan Lebaran Tahun 2014 / 1435 H. (Yas/Ahm)

(Agustina Melani)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Media files:
Bandara-ok.JPG
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions