Selasa, 29 Juli 2014

Home » ANTARA News - Ekonomi: Wamenhub: Efektivitas pelaksanaan ERP tergantung harga

,
ANTARA News - Ekonomi
News And Service 
The Best Way to Manage your Money.

Start using Mint today to set a budget, track your goals and do more with your money.
From our sponsors
Wamenhub: Efektivitas pelaksanaan ERP tergantung harga
Jul 29th 2014, 10:45

Jakarta (ANTARA News) - Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub) Bambang Susantono mengatakan, efektivitas dari pelaksanaan jalan berbayar secara elektronik (Electronic Road Pricing/ERP) untuk mengurangi kemacetan di wilayah Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta tergantung penetapan harganya.

"Pelaksanaan ERP akan signifikan jika penetapan harganya pas," katanya di Jakarta, Selasa.

Menurut Bambang, bila harga untuk ERP terlalu murah, maka akan mengakibatkan semua pengemudi tertarik masuk yang dampaknya bisa menambah kemacetan.

Namun, ia menilai, bila harga yang ditetapkan untuk ERP terlalu mahal, maka mengakibatkan tidak ada kendaraan yang akan masuk.

Untuk itu, ia mengemukakan, perlu survei yang dapat menentukan secara tepat harga pelaksanaan ERP, terutama menyangkut tingkat kemauan membayar (willingness to pay) dan tingkat kemampuan membayar (ability to pay).

"Harus ada survei willingness to pay dan ability to pay," katanya.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebelumnya mengemukakan, pelaksanaan uji coba sistem jalan berbayar elektronik atau Electronic Road Pricing (ERP) pada Selasa (15/7) lalu berjalan baik.

"Penerapannya, kalau nanti dengan tarif Rp30.000 volume kendaraan bermotor tidak juga berkurang, maka tarifnya kita naikkan lagi jadi Rp50.000. Kalau masih banyak juga volume kendaraannya, kita naikkan lagi sampai batas Rp100.000 kira-kira," ujarnya menambahkan. (*)

Editor: Priyambodo RH

COPYRIGHT © 2014

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions