Rabu, 30 Juli 2014

Home » Sindikasi economy.okezone.com: Aturan Kemendag Sulit Diterapkan Pebisnis Online

,
Sindikasi economy.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal Economy 
Explore DIRECTV

Enjoy HD DVR service in every room. Get every game every Sunday. Watch hit movies and shows anywhere. Bundle and save today!
From our sponsors
Aturan Kemendag Sulit Diterapkan Pebisnis Online
Jul 30th 2014, 07:22

Rabu, 30 Juli 2014 14:22 wib | Dani Jumadil Akhir - Okezone

Ilustrasi belanja online. (Foto: Reuters)Ilustrasi belanja online. (Foto: Reuters) JAKARTA - Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perdagangan terus melakukan penyelesaian aturan turunan dari Undang-Undang No 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan berupa peraturan pemerintah yang mengatur tentang perdagangan melalui sistem elektronik (e-commerce) yang ditargetkan selesai pada akhir 2014.

Lalu apa tanggapan dari pakar e-commerce?.

ShopFair Chairman & E-Commerce Expert Andi S Boediman mengatakan, aturan e-commerce ini memang untuk menjaga dan mengatur tatanan transaksi online lebih jelas.

"Ini ditujukan untuk lebih melindungi pelanggan dengan mencoba memaksa semua penjual menjadi terdaftar," ucap Andi kepada Okezone di Jakarta.

Namun kata Andi, peraturan ini tampaknya akan sulit diterapkan di lapangan. Pasalnya, saat ini pebisnis online bukan semata-mata pebisnis yang serius pada umumnya."Karena kebanyakan penjual sifatnya individual dan bukan bisnis," sambungnya.

Sebelumnya, Kementerian Perdagangan (Kemendag) sudah menemukan solusi untuk penerapan peraturan transaksi perdagangan secara online (e-commerce). Pemerintah kesulitan untuk menentukan regulasinya.

Padahal perdagangan online sudah diatur dalam undang-undang perdagangan nomor 7 tahun 2014. Kesulitan terletak pada objek hukum dari regulasi. Peraturan hukum Indonesia hanya berlaku di wilayah teritorial Indonesia, tetapi penjualan e-commerce itu tanpa batas. (mrt)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions