Selasa, 29 Juli 2014

Home » Tempo.co News Site: Strategi Ini Disiapkan Kemenhub pada Mudik 2015

,
Tempo.co News Site
daily news from tempo.co 
Host Unlimited Domains

Unlimited Domains, Unlimited Disk Space and Unlimited Transfer For One Low Price.
From our sponsors
Strategi Ini Disiapkan Kemenhub pada Mudik 2015
Jul 29th 2014, 09:53

Strategi Ini Disiapkan Kemenhub pada Mudik 2015

Ribuan pengendara yang terjebak kemacetan arus mudik saat melintas di depan pasar Wadas, Lemahabang, Karawang Timur, Jawa Barat, Sabtu 26 Juli 2014. TEMPO/Eko Siswono Toyudho

Berita Terkait

TEMPO.CO, Jakarta - Kementerian Perhubungan bakal mengevaluasi pelaksanaan mudik pada 2014 ini. Hasil evaluasi akan menjadi bahan sekaligus strategi untuk pelaksanaan mudik tahun depan. Menurut Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan, Julius Adravida Barata, ada tiga strategi yang telah dipelajari dari pelaksanaan angkutan mudik tahun ini. "Tujuannya tentu saja untuk meningkatkan kelancaran mudik tahun depan," kata Julius saat dihubungi Tempo, Selasa, 29 Juli 2014.

Menurut Julius, strategi tersebut sebenarnya sudah disampaikan Wakil Menteri Perhubungan, Bambang Susantono saat mengunjungi Posko Angkutan Lebaran Terpadu. Strategi pertama, dia mengatakan, penyelesaian infrastruktur jalan. Kementerian Perhubungan memprediksi beban kendaraan dan jumlah pemudik di jalur pantai utara pulau Jawa (pantura) bisa dikurangi jika tol Cikampek-Palimanan sudah bisa beroperasi pada masa mudik tahun depan.

Strategi kedua, kementerian berencana meningkatkan kapasitas angkutan laut. Julian menjelaskan, mudik gratis dengan angkutan laut sebanyak dua kali ke Semarang sudah dilakukan Kementerian Perhubungan pada masa mudik Lebaran tahun ini. Menurut dia, strategi ini bisa menjadi preseden baik. "Hal ini pada tahun depan kami akan tingkatkan," ujar Bambang saat mengunjungi Posko Tingkat Nasional Angkutan Lebaran Terpadu, Senin, 28 Juli 2014. (Baca: 16.200 Motor dan 25.800 Penumpang Mudik Gratis).

Strategi ketiga, peningkatan kapasitas kereta api dengan jalur ganda. Dalam masa mudik Lebaran 2014 ini, PT Kereta Api Indonesia (KAI) menambahkan dua kereta buatan PT Industri Kereta Api (INKA), yaitu KA Sawunggalih jurusan Pasar Senen-Kutoarjo serta KA Menoreh jurusan Pasar Senen-Semarang Tawang. Selain dua kereta api tersebut, ada 12 perjalanan KA yang beroperasi untuk angkutan mudik 2014. (Baca: Jumlah Pemudik Angkutan Umum Menurun 15 Persen).

MARIA YUNIAR

Berita lainnya:

Fokus Ekonomi Jokowi: Pertanian dan Energi
Libur Lebaran, Monas Dikunjungi 11 Ribu Orang
Kopaja Keberatan Transjakarta Berlakukan E-Ticket
Obama dan Empat Pemimpin Eropa Hukum Rusia

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions