Kamis, 31 Juli 2014

Home » Tempo.co News Site: Jumlah Pemudik Motor Turun 15 Persen

,
Tempo.co News Site
daily news from tempo.co 
Shop Tervis tumblers.

Create a one of a kind personalized gift. It's fun and easy to design!
From our sponsors
Jumlah Pemudik Motor Turun 15 Persen
Jul 31st 2014, 11:40

Berita Terkait

TEMPO.CO, Surakarta - Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Suroyo Alimoeso mengatakan banyaknya kegiatan mudik gratis membuat jumlah pemudik sepeda motor turun. "Dibanding tahun lalu, jumlah sepeda motor yang digunakan untuk mudik turun sekitar 15 persen," katanya di sela-sela pemberangkatan angkutan sepeda motor gratis arus balik di kantor Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Surakarta, Kamis, 31 Juli 2014.

Tahun lalu Kemenhub mencatat ada 2,3 juta sepeda motor yang dipakai pemudik. Tahun ini, berbagai instansi pemerintah dan swasta menyelenggarakan kegiatan mudik gratis dengan tujuan akhir berbagai kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kementerian Perhubungan juga menyediakan angkutan mudik gratis bagi pengendara sepeda motor menggunakan truk, kereta, dan kapal laut.

Pada Lebaran tahun ini, Kemenhub mengangkut 12 ribu sepeda motor secara gratis dengan truk, kereta, dan kapal laut untuk arus mudik. Jika animo masyarakat tinggi, kuota angkutan sepeda motor mudik gratis akan ditambah. "Kami juga akan menambah rute. Misalnya Jakarta ke Cirebon, Tegal, Kendal, dan Semarang dengan kapal laut," katanya.

Program angkutan sepeda motor gratis selama arus mudik dan balik ini bertujuan mengurangi kepadatan di jalan raya. Juga, untuk mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas. "Kami berterima kasih kepada masyarakat yang mau memanfaatkan kesempatan ini," dia menambahkan.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Surakarta Yosca Herman Soedrajad mengatakan dari Solo diberangkatkan 200 sepeda motor yang diangkut dengan dua truk. Sedangkan saat arus mudik, ada sembilan truk yang mengangkut 400 sepeda motor. "Pendaftaran untuk angkutan motor gratis, baik arus mudik dan balik, dilakukan di Kemenhub. Kami hanya menyiapkan titik kedatangan dan keberangkatan," ujarnya.

UKKY PRIMARTANTYO

Terpopuler:
Ribka Ingin Jadi Menkes, Beredar Petisi Penolakan
Dituding Tak Layak Jadi Menkes, Ini Jawaban Ribka
ICW Tolak Ribka Tjiptaning Jadi Menteri
Jokowi Prioritaskan Berantas Mafia Migas
Ini Teknik Mengetahui Dalang di Balik Situs Palsu

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions