Kamis, 31 Juli 2014

Home » Sindikasi economy.okezone.com: Ini Syarat Sukses di Pasar Bebas ASEAN

,
Sindikasi economy.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal Economy 
Explore DIRECTV

Enjoy HD DVR service in every room. Get every game every Sunday. Watch hit movies and shows anywhere. Bundle and save today!
From our sponsors
Ini Syarat Sukses di Pasar Bebas ASEAN
Jul 31st 2014, 09:31

Kamis, 31 Juli 2014 16:31 wib | Petrus Paulus Lelyemin - Okezone

Menteri Keuangan M Chatib Basri. (Foto: Okezone)Menteri Keuangan M Chatib Basri. (Foto: Okezone) JAKARTA – Penerapan pasar bebas ASEAN atau yang lebih dikenal dengan sebutan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) atau ASEAN Economic Community (AEC) menuntut perubahan cara pandang dalam perilaku berekonomi. Indonesia dituntut memiliki cara pandang yang lebih maju dalam memanfaatkan sumber daya yang dimiliki.
 
Menteri Keuangan Chatib Basri mengungkapkan, menjadi negara dengan kekuatan ekonomi 10 besar di dunia, Indonesia dalam mengahadapi MEA harus mampu menjadi pemain dalam persaingan ekonomi.
 
"Kita melihat yang namanya self sufficiency segala macam, dalam konteks bukan hanya domestically produce, tapi ownership-nya perusahaan Indonesia, di mana-mana. Dengan begitu, Indonesia bisa jadi regional player," tutur Chatib kepada Okezone.
 
Metode pengembangan kekuatan ekonomi seperti ini, jelasnya, merupakan metode yang selama ini diterapkan negara-negara besar lainnya di dunia seperti Cina. Ini, tambah Chatib akan menjadi strategi yang baik dalam persaingan di pasar bebas ASEAN nanti.
 
"Ini strategi yang dilakukan di China. Dia tahu enggak punya batubara. Dia beli di sini, suplai ke sana. Malaysia dengan kelapa sawit. Lahannya di Sumatera, prosesnya dibikin di sana (Malaysia)," tukas Chatib.
 
"Kita harus berpikir bahwa kita regional player, 10 besar ekonomi dunia, Jadi cara berpikirnya harus lebih modern. Dengan begitu, kita melihat globalisasi dengan cara berpikir sebagai seorang pemenang, bukan sebagai orang yang kalah," sambungnya. (mrt)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions