Kamis, 17 Juli 2014

Home » Tempo.co News Site: Armida : Kenaikan Harga BBM Tak Terelakkan

,
Tempo.co News Site
daily news from tempo.co 
The Spiritual Truth

Wisdom course on spirituality truths. Learn How to connect with infinite intelligence & awaken your inner-divinity.
From our sponsors
Armida : Kenaikan Harga BBM Tak Terelakkan
Jul 17th 2014, 02:53

Berita Terkait

TEMPO.CO, Jakarta - Besarnya tekanan ekonomi global saat ini mendorong pemerintahan baru segera menaikan harga bahan maka minyak (BBM) dalam waktu dekat. "Saya rasa itu adalah pilihan yang tidak terelakkan saat ini," kata Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Armida Salsiah Alisjahbana, di kantornya, Rabu 16 Jului 2014 malam. (baca:Siapa pun Presidennya, Harga BBM Pasti Naik)

Menurut dia, dua pekerjaan penting telah menunggu pemerintahan baru, salah satunya menaikkan harga BBM. Upaya tersebut, ujar dia, mesti segera ditangani pemerintah baru agar beban fiskal bisa ditekan sejak dini. "Dampak kenaikan BBM tidak hanya untuk 2014 tapi juga ke 2015," ujarnya.

Dengan upaya itu lanjut dia, pemerintah baru memiliki banyak opsi menghilangkan subsidi BBM saat ini, dan mengalihkannya ke subsidi yang langsung dirasakan masyarakat. "Pemerintah yang akan datang harus mulai segera (menaikan BBM), karena untuk menunggu tahun depan kelihatannya sulit," Armida menambahkan. (baca:Usulan Asumsi Energi Dalam RAPBN 2015 Disepakati )

Sebelumnya Menteri Keuangan Muhamad Chatib Basri mengatakan pemerintah belum berpikir soal rencana kenaikan harga bahan bakar minyak untuk menekan subsidi. Menurut dia, pemerintah saat ini tengah fokus untuk menjalankan program konversi BBM untuk mengendalikan volume.

Dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2014 untuk total kuota 48 juta kiloliter, anggaran subsidi BBM tahun ini mencapai Rp 210,7 triliun, jumlah tersebut naik dibanding yang dipatok APBN Perubahan 2013, yang mengalokasikan Rp 199,9 triliun subsidi untuk kuota yang sama. (baca:Jelang Mudik, Harga Pertamax Melonjak )

JAYADI SUPRIADIN
Berita Terpopuler:
Ahok Rogoh Kocek Rp 4 Miliar untuk Bantu Warga
Syarief Hasan Tak Hadiri Koalisi Merah Putih
Dilaporkan ke Mabes Polri, Jakarta Post Santai
Panglima TNI Tabrak Tameng Prajurit

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions