Senin, 21 Juli 2014

Home » Sindikasi economy.okezone.com: Pergantian Presiden Jadi Modal Penting Pembangunan Ekonomi

,
Sindikasi economy.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal Economy 
Explore DIRECTV

Enjoy HD DVR service in every room. Get every game every Sunday. Watch hit movies and shows anywhere. Bundle and save today!
From our sponsors
Pergantian Presiden Jadi Modal Penting Pembangunan Ekonomi
Jul 21st 2014, 03:33

Senin, 21 Juli 2014 10:33 wib | Martin Bagya Kertiyasa - Okezone

Ilustrasi pemilu. (Foto: Okezone)Ilustrasi pemilu. (Foto: Okezone) JAKARTA - Indonesia sukses mengadakan pemilihan umum presiden (Pilpres) pada 9 Juli lalu. Hal ini sangat penting, mengingat suksesnya transisi kepemimpinan nasional, merupakan modal penting bagi pembangunan ekonomi nasional dalam lima tahun ke depan.

Staf Khusus Presiden bidang Ekonomi dan Pembangunan Firmanzah mengatakan, banyak sekali agenda ekonomi seperti pembangunan infrastruktur, pengentasan kemiskinan, penciptaan lapangan pekerjaan, peningkatan investasi, hilirisasi dan industrialisasi membutuhkan fokus dan konsentrasi penyelenggara negara, utamanya pemerintah baik di pusat maupun daerah.

Di samping itu, Presiden dan pemerintahan berikutnya juga masih harus menyelesaikan tantangan ekonomi yang bersumber dari ekonomi global seperti rencana penghentian quantitative-easing ke III, rencana peningkatan suku bunga di Amerika Serikat dan Masyarakat ekonomi ASEAN pada akhir 2015.

Karena itu, Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia itu menilai, dengan Pemilu yang damai membuat energi nasional tidak terbuang pada hal-hal sengketa politik yang berkepanjangan, sehingga energi nasional tidak habis untuk menyelesaikan sengketa politik dan pemilu. Apalagi, sengketa yang diikuti dengan pengerahan massa yang berpotensi terganggunya keamanan, ketertiban dan iklim dunia usaha di Indonesia.

"Sekali lagi dengan suksesnya Indonesia menyelenggarakan pesta demokrasi pada tahun ini semakin membuktikan bahwa Indonesia menjadi salah satu negara yang sukses melakukan pemantapan demokrasi baik secara prosedural maupun substansial," kata dia seperti dilansir dari situs Setkab, Senin (21/7/2014).

"Karenanya kita perlu optimistis bahwa makroekonomi nasional akan semakin baik dan kuat menghadapi setiap potensi resiko pelemahan ekonomi global," tambah dia.

Menurut Firmanzah, setelah KPU mengumumkan hasil perhitungan suara nasional, maka saatnya bagi kita semua untuk segera bergegas menatap Indonesia lima tahun ke depan, Indonesia yang semakin mandiri dan sejahtera. (mrt)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions