Selasa, 22 Juli 2014

Home » Sindikasi economy.okezone.com: Ekonomi Perikanan & Kelautan Tak Boleh Jadi Anak Tiri

,
Sindikasi economy.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal Economy 
Explore DIRECTV

Enjoy HD DVR service in every room. Get every game every Sunday. Watch hit movies and shows anywhere. Bundle and save today!
From our sponsors
Ekonomi Perikanan & Kelautan Tak Boleh Jadi Anak Tiri
Jul 22nd 2014, 06:07

Selasa, 22 Juli 2014 13:07 wib | Hendra Kusuma - Okezone

Ilustrasi ikan dan kelautan. (Foto: Reuters)Ilustrasi ikan dan kelautan. (Foto: Reuters) JAKARTA - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menghimbau agar semua pihak bisa menahan diri dan menjaga suhu politik pasca-pemilihan presiden (Pilpres) 2014. Pasalnya, masalah ini akan sangat berpengaruh terhadap iklim usaha di tanah air.

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perikanan dan Kelautan, Yugi Prayanto, mengatakan bahwa pemerintahan baru diharapkan dapat dengan lebih serius mengembangkan ekonomi yang berbasis perikanan dan kelautan yang potensinya sangat besar.

"Budidaya belum optimal, ilegal fishing masih tinggi, pelaku industri perikanan pun belum begitu banyak. Bagaimanapun pengembangan ekonomi di sektor kelautan dan perikanan harusnya bisa diprioritaskan," kata Yugi dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Selasa (22/7/2014).

Dalam waktu dekat, dia akan memberikan peta jalan (road map) pembangunan ekonomi sektor kelautan dan perikanan yang telah disusun oleh para pelaku usaha yang tergabung dalam Kadin. "Usulan dari Kadin konkret dan dibutuhkan lapangan. Bukan rencana yang tidak realistis," tambahnya.

Adapun yang menjadi salah satu usulan Kadin adalah membangun sentra-sentra perikanan yang dilengkapi dengan cold storage. "Kuncinya di cold storage dengan suplai listrik dan air bersih yang memadai. Sebaiknya sentra-sentra perikanan itu tersebar di seluruh Indonesia," ujar Yugi.

Menurut dia, pembangunan kelautan harus melibatkan nelayan dan pembudi daya dan mereka bisa mendapatkan harga yang baik. Selain itu, proses industrialisasinya pun harus tetap berjalan mulai dari penangkapan atau budi daya hingga sampai ke pabrik-pabrik pengalengan ikan.

"Kalau prospek bisnis bagus bisa swasta kerjasama dengan yang memiliki lahan. Kita harapkan kemudahan permodalan juga lebih diperhatikan, dan akan lebih baik lagi bila ada Bulog perikanan yang membeli hasil nelayan dengan harga pasar agar tidak harus melalui rentenir lagi," tukas dia. (mrt)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions